Week-27-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 27 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada kehamilan usia 27 minggu

Mulai Melihat. Setelah tidak melihat apa pun dan tertutup selama lebih dari 4 bulan, kelopak mata bayi kini dapat terbuka lagi. Sejalan dengan itu, bagian-bagian visual otaknya menjadi aktif serta sebagian besar struktur mata menjadi lengkap, ini berarti bahwa bayi dapat melihat cahaya dan bayangan di sekitarnya.

Goyangkan Bayi. Seperti bayi dalam rangkulan lengan ibu, janin terlelap tidur dengan buaian ayunan ibu. Bahkan saat ibu melakukan kegiatan secara aktif, terasa seperti ayunan. Semua berkat cairan ketuban, maka janin dalam rahim merasa seperti diayun-ayunkan.

Ukuran. Janin kini akan bertambah bobot tubuhnya sekitar 0,45 kg selama sebulan ke depan. Minggu ini ia berukuran panjang lebih dari 22,4 cm dari ujung kaki sampai ujung kepala. Sedangkan beratnya sekitar 0,9 kg. Meskipun ia sedang bertumbuh dengan sangat cepat, otak dan paru-parunya masih belum matang. Untunglah, ia masih memiliki waktu sekitar 13 minggu lagi sampai ia siap keluar ke dunia luas.

Kehamilan Anda pada usia 27 minggu

Tepat pada target. Payudara tetap masih berubah sepanjang masa kehamilan si ibu (dan juga setelah itu). Banyak wanita menemukan areola mereka yaitu bagian yang menjadi berwarna gelap di sekitar puting terus-menerus berubah. Dalam trimester pertama, areola bertambah gelap. Kini, bagian yang gelap karena pigmen itu meluas melebihi areola. Ini disebut areola sekunder, dan meliputi hampir setengah bagian payudara. Ini sebuah perubahan sementara, berlangsung sampai selama 12 bulan setelah melahirkan bayi.

Merajut impian. Jika Anda seperti kebanyakan wanita hamil, Anda mempunyai mimpi yang sangat jelas bahkan mimpi yang aneh sekalipun. Mimpi yang dramatis di masa kehamilan mungkin karena ekstra hormon yang menjalar di seluruh bagian tubuh. Ini juga mungkin menjadi cara pikiran berpadu dengan pikiran-pikiran serta emosi yang dialami.

Lihat artikel sejenis: