Week-28-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 28 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 28 minggu

Minggu lalu bayi membuka mata untuk pertama kalinya. Minggu ini kalau si ibu menyorot sinar terang ke daerah perutnya, bayi akan membuka mata dan kemudian berpaling dari sinar kuat itu.

Keras dan jelas. Gelombang otak bayi menunjukkan bahwa ia merespons suara di sekitarnya. Pola itu juga mulai menunjukkan perbedaan yang terjadi selama tidur. Pola siklus tidur ini akan menjadi semakin jelas dan lebih berbeda mendekati hari kelahiran.

Bernapas dengan mudah. Masa ini adalah masa vital dalam perkembangan paru-paru bayi. Ketika menarik napas pertama kali, paru-paru bayi mengirim oksigen ke seluruh pembuluh darahnya, yang kemudian mengedarkannya ke seluruh tubuh. Bayi juga membuat surfaktan untuk menjaga kantong-kantong udara agar tidak saling melekat, agar memungkinkannya untuk bernapas dengan baik setelah lahir. Bagian bronchus telah sempurna, membaginya menjadi cabang-cabang kecil.

Ukuran. Bayi sedang bertambah beratnya dengan cepat sekarang ini – dapat sampai 1,04 kg. Dari ujung kepala ke ujung kaki panjangnya adalah 25,4 cm, tetapi kalau bayi diluruskan, mungkin panjangnya mencapai 38,1 cm.

Kehamilan Anda pada usia 28 minggu

Mengikuti Rh. Jika tes si ibu sebelumnya menunjukkan hasil tes negatif, maka si ibu akan disuntik dengan suntikan RhoGAM minggu apabila ternyata Rh bayi positif. Ini akan menjadikan tubuh si ibu tetap memproduksi antibodi dalam sel darah bayi yang mungkin telah menyatu ke dalam peredaran darah si ibu. Bayi akan dites segera setelah lahir. Kalau ia positif, si ibu diberi suntikan lagi, suntikan RhoGAM untuk melindungi kehamilan lain di kemudian hari.

Tanda-tanda kehamilan. Sejalan dengan kehamilan yang terus berjalan, tanda-tanda kehamilan/selulit mungkin muncul di sekitar perut, di payudara, di lipatan paha, dan di paha. Sebagian besar ahli sepakat bahwa tak ada banyak jalan untuk mengatasi atau menghindarinya. Tetapi mengoleskan semacam krim atau minyak tak akan berbahaya. Telusurilah jalur genetika ibu: kalau orangtua ibu yang hamil pernah mengalaminya, maka pastilah ibu bayi juga akan mengalaminya. Ada kabar baiknya? Goresan-goresan/ tanda selulit biasanya akan memudar setelah kelahiran.

Kaki yang tidak imbang. Perubahan keseimbangan si ibu, sejalan dengan melonggarnya sendi-sendi dapat menyebabkan si ibu sering menabrak-nabrak meja dan banyak berjingkat dengan jari kaki. Cobalah membatasinya dengan mengenakan sepatu datar dan berjalanlah lebih pelan.


Lihat artikel sejenis: