Week-29-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 29 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 29 minggu

Kontrol suhu. Otak bayi kini telah matang. Otak kini mampu membantu mengatur suhu tubuh. Pada waktu lahir nanti, ia akan memiliki ratusan juta sel saraf--- tampaknya terlalu banyak, tetapi ia tak akan memproduksi jumlah yang sama lagi setelah lahir.

Menempatkan dalam lapisan. Bayi tampak semakin mirip bayi yang siap lahir. Permukaan kulitnya lebih mulus licin dan pucat karena berat yang kini mulai bertambah. Lemak ini akan membantu menghangatkan tubuhnya.

Ukuran. Meskipun ada tambahan lemak, dari beratnya yang mencapai 1,4 kg hanya sekitar dua sampai tiga persen yang terbuat dari lemak. Dari ujung kepala ke ujung kaki ukurannya sekitar 26,4 cm, tetapi kalau ia diluruskan, panjangnya dapat mencapai 40,6 cm.

Kehamilan Anda pada usia 29 minggu

Masalah dengan berat badan. Bayi akan bertambah beratnya selama tiga bulan mendatang, demikian juga si ibu. Ibu mungkin menambah berat 4,9 kg selama trimester terakhir.

Keluhan pada trimester ketiga. Kaki kesemutan adalah keluhan lumrah selama kehamilan. Para ahli tidak yakin tentang alasannya. Beberapa mengatakan karena berat bertambah pada kaki sementara yang lain berpendapat bahwa rasa sakit itu mungkin menjadi sinyal kekurangan kalsium dan potasium. Mungkin juga disebabkan oleh tekanan rahim kepada saraf yang menuju ke kaki.
Berdamailah dengan pegal-pegal. Kalau si ibu benar mengalami pegal-pegal, regangkanlah kaki dengan perlahan, atau luruskan kaki dan tarik ibu jari kaki ke arah diri Anda. Lakukanlah peregangan sepanjang hari, bahkan sampai menjelang pergi tidur pun dapat bermanfaat. Pastikan Anda mengonsumsi banyak makanan kaya kalsium dan potasium.

Lihat artikel sejenis: