Week-31-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 31 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda


Banyak ahli kesehatan merekomendasikan agar pasien memonitor gerakan bayi dalam trimester ketiga. Berikut ini caranya: kira-kira di waktu yang sama setiap hari (jika memungkinkan, ketika janin berada dalam keadaan paling aktif); berbaringlah dan perhatikanlah berapa lama waktu yang diperlukan untuk bisa merasakan bayi menendang-nendang sebanyak sepuluh kali, bergulung-gulung, atau gerakan apa pun yang dilakukan si bayi.

Secara ideal, waktu yang diperlukan seharusnya kurang dari setengah jam. Banyak wanita yang hanya memerlukan beberapa menit, tergantung kepada kondisinya. Kalau sejam berlalu tanpa gerakan apa pun, makanlah camilan, berbaring lagi, dan coba rasakan lagi gerakan bayi; kalau tidak terasa apa pun, coba hubungi dokter atau ahli kesehatan.

Bayi Anda sekarang berukuran kira-kira 28,4 cm dari ujung kepala sampai pantat, (43,2 cm sampai ujung kaki) dan beratnya adalah sekitar 1,5 kg – sama dengan ukuran sebuah nanas!

Kini bayi dalam posisi duduk dengan kaki terlipat selama beberapa minggu--- dan ia masih melakukan banyak perubahan; ia tak akan bertambah terlalu tinggi, tetapi ia masih akan bertambah sekitar 0,9 kg bulan ini. Dalam sembilan minggu, ia akan siap untuk menyapa Anda!

Jangan khawatir, jika bayi tampak kurang aktif dalam minggu-minggu mendatang. Pada dasarnya, gerakan-gerakan yang berkurang berarti bahwa bayi berada di jalur yang benar (dengan asumsi Anda menghitung sepuluh gerakan dalam satu jam setiap hari). Gerakannya menjadi lebih menentu dan terorganisir --- tambahan lagi, tak ada banyak ruang di dalam rahim dibandingkan dengan beberapa minggu lalu. Karena tak ada cukup ruangan dalam rahim seiring dengan bertumbuhnya bayi, maka ia lebih sedikit bergerak dalam trimester ketiga dibandingkan dengan masa sebelumnya. Tetapi bayi biasanya masih bergerak secara teratur dan dengan cara lebih terkoordinasi. Untuk meyakinkan bahwa gerakan bayi di jalur yang benar, Anda dianjurkan untuk menghitung jumlah pergerakan bayi dalam dua jam per harinya. Jika Anda merasakan sepuluh gerakan dalam periode waktu tersebut, dapat dipastikan bayi Anda melakukannya dengan baik.

Kehamilan Anda


Anda mungkin mulai merasakan susah bernapas beberapa bulan lalu, tetapi sekarang Anda melewati waktu yang lebih sulit untuk mendapatkan cukup udara. Hal itu disebabkan karena rahim yang terus berkembang menekan diafragma ke arah paru-paru Anda.

Jika Anda pendek, maka bersyukurlah! Wanita yang tinggi lebih sulit untuk bernapas. Kalau diri Anda terengah-engah, pelan-pelan tarik napas panjang beberapa saat (sedalam mungkin yang Anda bisa). Pada masa akhir kehamilan (sekitar minggu ke-37 atau ke-38) Anda boleh merasa beristirahat dengan santai, karena si bayi turun ke arah pinggul, membuat longgar diafragma dan paru-paru, sehingga Anda bisa bernapas lebih lega.

Anda mungkin sudah merasa kerepotan dengan memperhatikan berbagai gejala sebelum kelahiran sejak pertengahan masa trimester kedua; kini Anda berada di trimester ketiga, dan Anda bisa mulai mengalami kontraksi seperti saat akan melahirkan, kondisi kontraksi ini disebut kontraksi Braxton Hicks.

Ini berbeda dengan kontraksi masa sebelum kelahiran dan tak perlu merasa was-was karenanya. Bagaimana mengetahui perbedaannya? Kalau kontraksi itu beraturan dan menghilang ketika Anda berganti posisi atau berjalan-jalan, hal itu mungkin merupakan kontraksi Braxton Hicks.

Lihat artikel sejenis: