Week-32-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 32 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada kehamilan usia 32 minggu

Naik dan turun. Sebagian besar bayi berposisi kepala ke bawah atau memasuki puncaknya pada minggu ini. Idealnya, ia akan tetap demikian hingga kelahiran. Tetapi, ia mungkin akan berganti posisi beberapa kali sebelum lahir.

Sebanyak yang didapat. Dengan sekitar dua gelas besar air ketuban di dalam rahim sekarang ini, mudah bagi bayi untuk mengubah posisi dari kepala di atas menjadi kepala di bawah. Selama delapan minggu mendatang, jumlah cairan akan berkurang sejalan dengan bertambahnya ukuran si bayi.

Ukuran. Si bayi sekarang beratnya antara 1,6 sampai 1,8 kg dan panjang sekitar 43,2 atau 45,7 cm dari ujung ke ujung.

Kehamilan Anda pada usia 32 minggu

Pukulan-pukulan kecil di rusuk. Merasakan bayi Anda bergerak itu menyenangkan, tapi kesenangan itu akan sedikit berkurang bila Anda merasakan satu kaki menendang ke rusuk. Cobalah berbaring miring atau mengganti posisi untuk merangsang perubahan gerakan si bayi.

Periksa dan periksa ulang lagi. Ketika mencapai usia 32 minggu, kebanyakan dokter atau ahli kesehatan akan menganjurkan si ibu datang memeriksakan diri sekali dalam dua minggu, bukan lagi sekali sebulan. Antara lain karena ia akan mengamati tanda-tanda infeksi, tanda -tanda sebelum kelahiran atau preeclampsia.

Berlatih melahirkan. Pengenalan pada rumah sakit penting untuk membuat ibu tahu apa yang disiapkan saat kelahiran dan bagaimana ruangan melahirkannya, serta memperkenalkan si ibu dengan prosedur pendaftaran dan dokumen-dokumen. Tahu ke mana harus pergi serta apa yang harus dilakukan sebelumnya akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika Anda melahirkan. Coba cari juga dua rute terdekat menuju rumah sakit.

Hari-hari pelatihan. Jadilah partisipan aktif dalam kelas kursus melahirkan; ajukan pertanyaan, sampaikan harapan dan kekhawatiran Anda dengan bebas. Jangan lupa mengajak pasangan sehingga Anda berdua siap ketika saat melahirkan tiba.

Lihat artikel sejenis: