Week-33-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 33 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 33 minggu

Belajar kilat. Pada saat ini, bayi dapat melihat dunia cair di sekitarnya, merasakan sensasi ketika ia menarik ibu jari kakinya, atau menghisap salah satu jari tangannya, mengecap rasa air ketuban dan mendengarkan detak jantung Anda. Tidak ada udara dalam kantong ketuban untuk membawa aroma, tetapi jika ada, ia akan dapat merasakan aroma sekitarnya.

Kepala duluan. Karena hebatnya perkembangan otak, lingkar kepala bayi telah naik sekitar 1,3 cm dalam minggu ini saja.

Perhatikan menunya. Ini jadi lebih penting daripada hari-hari biasa untuk memperhatikan diet Anda. Kebutuhan protein dan lemak pada bayi jadi sangat meningkat dalam beberapa minggu mendatang ini, jadi pastikan makan makanan yang berimbang. Bayi sekarang berukuran 41, cm sedangkan beratnya lebih dari 1,8 kg, dan ia akan menggandakan beratnya dalam tujuh minggu mendatang.

Kehamilan Anda pada usia 33 minggu

Menimbang-nimbang. Si ibu akan terus bertambah beratnya sekitar 0,45 kg per minggu sampai dengan menjelang melahirkan. Jangan mencoba mengurangi berat atau memperlambat pertambahan berat badan: bayi membutuhkan berat ekstra tersebut. Kelak setelah melahirkan akan ada banyak waktu untuk diet guna mengurangi berat badan si ibu.

Bergulat dengan sakit pergelangan. Banyak wanita hamil memiliki sindrom saluran pergelangan yang ditandai oleh pembengkakan sekitar pergelangan tangan. Rasa sakit dan bengkaknya mungkin akan menghilang setelah melahirkan. Pada saat itu, cobalah mengangkat posisi tidur sehingga si ibu tidak menumpukan tekanan pada tangan atau pergelangan tangan. Pakailah penyangga agar tangan itu terhindar dari tekanan yang tidak perlu. Pastikan untuk membicarakan kepada dokter atau ahli kesehatan mengenai pengalaman sakit yang Anda rasakan.

Lihat artikel sejenis: