Week-36-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 36 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 36 minggu

 Betapa indah suara itu.  Penelitian menunjukkan bahwa anak baru lahir lebih menyukai suara si ibu lebih daripada suara lain. Penelitian juga menunjukkan bahwa anak yang baru lahir lebih menyukai lagu yang dinyanyikan untuk mereka secara berulang-ulang selama mereka dalam rahim. Tidak pernah terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Luangkan waktu setiap hari untuk memainkan suatu lagu indah dari kaset atau CD, nyanyikan lagu favorit, atau bacakan cerita untuk bayi Anda.

 Hal yang luar biasa, tengkorak yang dapat dibentuk.  Kepala bayi khusus dirancang untuk mampu melalui cervix dan pelvis. Tulang-tulang di tengkorak bayi belum keras menyatu; konstruksi lunak ini memfasilitasi perjalanannya menyusuri saluran kelahiran tanpa membahayakan si ibu. Tulang -tulang ini akhirnya akhirnya akan mengeras dalam setahun di awal hidupnya.

 Ukuran.  Berat bayi sekarang sekitar 2,5 sampai 2,7 kg dalam minggu ini dan panjangnya sekitar 48,3 cm.


 Kehamilan Anda pada usia 36 minggu


 Meningkatkan pemeriksaan.  Kebanyakan dokter atau ahli kesehatan menganjurkan pemeriksaan yang semakin sering dilakukan setiap minggu mulai dengan minggu ke-36. Dokter atau ahli kesehatan akan memeriksa tekanan darah si ibu dalam kunjungan yang dilakukan serta memastikan urin tidak mengandung protein. Tekanan darah yang tinggi dan protein dalam urin berpotensi sebagai peringatan kemungkinan bayi mengidap preeclampsia, suatu kondisi kehamilan yang berisiko bagi si ibu dan bayi.

 Tumbuh membesar.  Rahim si ibu sekarang telah mencapai seribu kali lebih besar dari aslinya. Si ibu mungkin telah bertambah berat badannya sebanyak 11,3 sampai 13,6 kg. Selama empat minggu mendatang, kemungkinan besar berat badan akan bertambah lagi beberapa kg. Banyak wanita hamil tidak menambah berat badan di bulan terakhir kehamilan mereka. Rahim si ibu bukan satu-satunya yang bertambah melar. Bahkan kalau edema (istilah medis untuk menyebut pembengkakan karena ekses cairan) tidak lagi mengganggu si ibu, maka Anda tetap perlu mengurangi minum banyak cairan di bulan terakhir kehamilan.


 Tenang saja.  Kapan saja si ibu bisa, ambillah beberapa menit untuk beristirahat dengan kedua kaki terangkat atau berbaring di sisi kiri. Dua posisi ini akan meningkatkan sirkulasi darah, menjadikan darah di dalam pembuluh darah di seluruh bagian tubuh bergerak. Perhatikanlah: mengurangi minum cairan tidak akan mengurangi edema. Anda tetap memerlukan delapan gelas minum per hari untuk membersihkan sampah dalam tubuh lewat ginjal, gerakkan perut bagian bawah Anda, dan tingkatkanlah volume darah.


Lihat artikel sejenis: