Week-38-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 38 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda dalam usia kehamilan 38 minggu

Beberapa hari menanti. Bayi Anda sudah dalam posisi siap lahir, meski sebenarnya masa lahirnya masih dua minggu lagi. Sekitar delapan puluh lima persen kelahiran bayi terjadi antara dua minggu dari masa perkiraan kelahiran, jadi bayi Anda mungkin akan lahir dalam kisaran waktu empat minggu ke depan.

Perubahan di permukaan. Bayi akan melepaskan lanugo, rambut-rambut halus yang melindungi tubuhnya selama beberapa bulan. Dia mungkin masih akan meninggalkan rambut halus itu pada pundak, dahi, atau lehernya saat lahir. Dia juga akan kehilangan vernix, semacam pelumas yang melindungi dia dari cairan ketuban.

Pembuangan kotoran. Lalu apa yang terjadi pada vernix dan lanugo yang terbuang? Beberapa bagian akan berakhir di usus yang menyatu dengan meconium. Meconium adalah cairan hijau kehitaman, semacam zat ter yang akan dibuang oleh bayi setelah ia lahir. Di dalamnya terkandung sel-sel mati, cairan ketuban, dan kotoran bayi dari hati, pankreas, serta kantung empedunya.

Perubahan yang melambat Pertumbuhan bayi Anda akan cenderung melambat, tapi masih akan terus berkembang: panjangnya mungkin mendekati 49,5 sampai 50,8 cm dan beratnya mendekati sekitar 3,18 kg.

Kehamilan Anda di usia 38 minggu

Pentingnya air. Seiring dengan pertumbuhan janin, dia akan memberikan tekanan pada kandung kemih Anda terus-menerus. Karena jadi selalu ingin buang air, Anda harus sering minum agar tubuh terhindar dari dehidrasi.

Menempatkan diri pada posisinya. Inilah saatnya Anda mempraktikkan catatan yang Anda buat saat mengikuti kelas persiapan kelahiran dan memikirkan posisi seperti apa yang paling sesuai dengan Anda. Apakah berdiri, merangkak, atau duduk di kursi goyang, akan bermanfaat untuk dipraktikkan dalam berbagai posisi.

Berkendara dengan aman. Anda perlu menyetel kursi depan menghadap bagian belakang sehingga Anda bisa secara aman (namun tetap sesuai aturan) agar bisa berkendara membawa bayi pulang dari rumah sakit. Ingat bahwa hanya lima persen bayi lahir tepat pada masa perkiraannya, jadi akan lebih baik untuk menyiapkan semua itu sebelum masa itu datang.


Lihat artikel sejenis: