Week-39-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 39 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda pada usia kehamilan 39 minggu

Pembantu Hormon! Sistem endokrin bayi akan mensekresi lebih banyak hormon selama kelahiran dibandingkan dengan waktu lain di hidupnya. Setelah keluar rahim, hormon-hormon itu akan membantu menangani sistem tubuh tanpa bantuan plasenta. Perubahan yang luar biasa ini memerlukan upaya dan energi yang luar biasa pula, tetapi dia akan siap.

Tarikan napas pertama sang bayi. Paru-paru bayi terus berkembang sampai dengan saat ia lahir. Paru-paru itu membawa serta surfaktan untuk mencegah kantong-kantong udara agar tidak menempel ketika ia bernapas untuk pertama kali.

Kehamilan Anda pada usia 39 minggu

Betul atau salah. Kalau kontraksi tidak teratur dan menghilang begitu Anda mengubah posisi, tanda melahirkan seperti itu palsu adanya. Akan tetapi, tanda yang palsu itu dapat berubah menjadi benar dalam beberapa menit saja. Hitunglah waktu jeda atau waktu antarkontraksi dengan cermat, sekali menunjukkan keteraturan interval dan terjadi lima menit jeda dalam kurun satu jam, panggil dokter, bidan atau perawat; kalau air ketuban pecah, inilah saatnya.

Bagian yang sakit. Ada banyak pilihan kalau harus menggunakan obat-obatan. Ada yang tidak menghiraukan, ada yang berupaya menghambat rasa sakit itu sebisa mungkin.

Lihat artikel sejenis: