Week-40-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 40 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda di usia kehamilan kini 40 minggu

Pikirannya sendiri. Jadi, saat Anda mungkin mengharapkan seorang anggota keluarga baru minggu ini, bayi Anda menginginkan beberapa hari atau (beranikah kita mengatakannya?) beberapa minggu untuk menikmati kehangatan dalam kandungan. Dalam hal ini, dokter atau ahli kesehatan Anda akan mengamati dengan ketat pertambahan berat dan toleransi kontraksi.

Area sempit. Bayi menggulung dengan ketat di dalam rahim. Kalau bayi dalam posisi duduk manis (dengan pantat dan kaki ke bawah) dokter (ahli kesehatan, bidan atau perawat) mungkin akan mencoba membalikkannya. Kalau usaha itu tidak berhasil, maka mereka akan mendiskusikan tentang kemungkinan melahirkan melalui operasi caesar.

Pipi montok. Sang bayi mungkin telah mencapai berat dan panjang akhir sebelum dilahirkan. Rata-rata bayi beratnya sekitar 3,4 kg dan panjangnya sekitar 52 cm (bayi laki-laki biasanya lebih besar dibandingkan dengan bayi perempuan). Lima belas persen dari berat tubuhnya sekarang adalah lemak, yang akan membantunya menjaga kehangatan tubuh di dunia luar. Organ dan semua sistem tubuhnya juga siap menghadapi tantangan di luar kandungan. Ia telah menimbun arbohidrat di hati untuk diolah menjadi glukosa setelah kelahiran dan ia juga memiliki cairan ekstra dalam cadangannya. Seperti unta, ia siap mengarungi kelahiran sampai kelak dapat melahap ASI pada ibunya.

Kehamilan Anda pada usia 40 minggu

Memanjakan diri di menit akhir. Anda belum dianggap terlambat sampai menginjak minggu ke-42. Meskipun Anda sangat ingin menyapa bayi Anda, pertimbangkanlah bahwa hari-hari terakhir ini adalah kesempatan untuk sebuah kesenangan. Manjakanlah diri sendiri dengan merawat kuku, atau pergilah menonton film. Bacalah buku dari judul satu ke judul lainnya. Bila bayi telah lahir, maka Anda dibutuhkan 24 jam sehari dan tak ada waktu untuk urusan Anda sendiri.

Berapa usiaku? Sekali bayi telah lahir, Anda mungkin menemukan bahwa usianya sebenarnya berbeda daripada perkiraan berdasarkan periode menstruasi terakhir atau saat pembuahan. Segera setelah lahir, seorang perawat anak atau ahli kesehatan Anda akan menilai usia gestasionalnya berdasarkan unsur-unsur fisik dan perkembangan neurologikal. Akan sangat menarik untuk membandingkan perbedaan keduanya!

Lihat artikel sejenis: