Week-6-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 6 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda di usia kehamilan 6 minggu

Selesailah sudah Minggu ini terjadi sesuatu yang baru yang amat penting: tabung saraf mulai menutup semua yang akan menjadi tulang punggung sang bayi.

Melihat ke depan. Pekan ini, kumpulan kecil jaringan sedang berkembang di bagian atas: Ini yang akhirnya akan menjadi dagu, pipi, dan rahang bayi anda. Area yang akan menjadi mata dan hidung sudah mulai memproyeksikan benjolan, dan struktur bagian dalam telinga menekan ke dalam.

Kita ikuti detaknya. Tabung jantung berkembang menjadi empat ruang dan mulai berdetak laksana drum kecil. Organ-organ besar utama lainnya seperti ginjal dan hati juga mulai menampakkan bentuk. Paru-paru masing-masing terdiri atas sebuah tabung tunggal, dan mulai membentuk struktur seperti kantong; keempatnya memerlukan perkembangan lebih jauh sebelum siap terisi udara.

Ukuran. Makhluk kecil Anda terus bertumbuh menjadi besar, kini berukuran sekitar 0,1 inci atau 2,5 mm. Kehamilan Anda pada usia 6 minggu.

Kondisi dan sebab. Payudara Anda membesar karena bertambahnya aliran darah; hal ini menunjukkan bahwa tubuh Anda kini menyiapkannya untuk dapat memberikan ASI. Pastikan untuk mengenakan bra yang mendukung, juga di malam hari jika hal itu membantu. Anda juga mungkin mengalami sembelit karena naiknya kadar progesteron yang memperlambat pencernaan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan ini, Anda memerlukan olahraga secara teratur, dan melakukan diet berimbang, termasuk mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi serta minum sekurang-kurangnya 8 gelas air sehari.

Kehilangan selera makan siang? Sekitar 70 persen wanita hamil mengalami sakit di pagi hari yang parah terutama di masa trimester pertama. Ada kegiatan tertentu yang dapat ditempuh untuk menyiasati rasa mual.

Lihat artikel sejenis: