Week-7-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 7 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda di usia kehamilan 7 minggu

Otak anak. Meskipun otak berkembang akan terus berlangsung setelah kelahiran, dalam masa ini, bagian-bagian utama dan mendasar dari otak itu dibentuk. Sejalan dengan berlalunya pekan atau minggu ini, otak akan berkembang membentuk tiga bagian: otak depan, otak bagian tengah, dan otak bagian belakang. Otak bagian depan berfungsi untuk hal-hal seperti penalaran, penyelesaian masalah, membentuk serta menyimpan memori, dan otak bagian tengah menyalurkan sinyal-sinyal elektrik ke tujuan akhirnya di bagian mana pun di otak. Otak bagian belakang akan bertanggung jawab atas gerakan bernapas, gerak jantung dan gerak otot Anggota badan juga berkembang cepat: lengan dan kaki telah tumbuh.


Ukuran. Secara singkat janin sekarang berukuran panjang 0,4 sampai 0,8 cm (empat sampai delapan milimeter) pekan ini, sedikit lebih besar daripada sejenis paku.

Kehamilan Anda pada usia 7 minggu

Kencing terus-menerus. Hormon dan volume darah Anda yang meningkat menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak cairan, yang kemudian harus dikeluarkan/ dikurangi. Daripada Anda mengurangi minum, lebih baik berusaha minum lebih banyak dibandingkan dengan sebelum Anda hamil.

Kebiasaan-kebiasaan yang sehat. Toksoplasmasis merupakan suatu infeksi yang berbahaya bagi janin, tetapi tidak berbahaya bagi ibu hamil. Mungkin sang ibu hamil sebelumnya telah mengidap toksoplasmosis tanpa menyadari/ mengetahuinya – kalau memang benar, sebaiknya itu diobati atau diimunisasi lagi. Infeksi ini ditularkan lewat daging dan kotoran kucing, maka sebaiknya memasak daging dengan baik dan menghindari kontak dengan kencing kucing selama sisa masa kehamilan.


Lihat artikel sejenis: