Week-9-pregnancy

Anda berada di minggu ke :

Kehamilan Berusia 9 Minggu: Apa yang Diharapkan Terjadi

Bayi Anda di usia kehamilan 9 minggu

Tidak ada lagi ekor. Janin kini tampak lebih kurang menyerupai gumpalan merah muda karena semua ekor telah menghilang. Dengan batang tubuh yang lurus dan memanjang, maka minggu ini janin kira-kira panjangnya sekitar 2,5 cm.

Pertumbuhan mendadak cepat. Keadaan ini merupakan periode kritis bagi perkembangan tangan dan kaki. Kaki telah memanjang, tunas-tunas yang kelak akan menjadi jari telah mulai tumbuh. Sementara itu, tangan atau lengan telah bertambah panjang dan mulai dapat dibengkokkan di bagian siku. Struktur dasar tangan pun telah terbentuk dengan jari-jari dan ibu jari yang mulai tampak jelas berbeda. Struktur yang akan menjadi liver atau hati, empedu, limpa, dan kelenjar adrenal bertumbuh semakin jelas
Semuanya sedang berlangsung. Inilah awal dari periode menari. Janin telah dapat mulai bergerak dengan kuat, bahkan untuk merespons stimulus dari luar tubuh ibunya. Si ibu mesti menanti hingga trimester kedua untuk benar-benar merasakan semua gerakan ini.

Kehamilan Anda di usia 9 minggu

Persiapan pengadaan ASI. Kini payudara mungkin sekali menjadi lebih berisi penuh, lebih berat, dan lebih lembut jika disentuh. Walaupun payudara itu akan terus bertambah ukuran dan berat sejalan dengan bertambahnya usia kehamilan, sensitivitasnya akan menurun di akhir bulan keempat kehamilan. Akan mulai tampak bintik putih kecil-kecil di bagian areola / puting – inilah kelenjar yang disebut Montgomery's tubercle, dan bagian ini memproduksi semacam minyak agar puting berada dalam keadaan lembab ketika mulai menyusui.

Turun ke kolam renang Banyak ahli berpendapat bahwa renang merupakan olahraga terbaik bagi wanita hamil karena bersifat lembut untuk sendi-sendi tubuh. Hormon relaxin menjadikan sendi longgar sehingga pinggul dapat mekar selama kelahiran; selain itu, harus dihindari olahraga yang memaksa gerakan yang kasar/keras pada sendi-sendi.

Lihat artikel sejenis: