Bekerja saat hamil: menjaga kesehatan kehamilan

Bekerja saat hamil: menjaga kesehatan kehamilan

Dengan semua kondisi fisik dari kehamilan yang terjadi, Anda mungkin ingin tahu apakah Anda harus berhenti bekerja. Mayoritas wanita dapat melanjutkan bekerja selama kehamilan, bahkan saat jatuh temponya untuk melahirkan. Wanita yang hamil berisiko tinggi (seperti membawa beban yang berkali lipat atau punya riwayat melahirkan prematur), bagaimanapun, mungkin perlu mengambil cuti hamil lebih awal daripada lainnya sehingga mereka dapat beristirahat sesuai kebutuhan. .

Strategi di tempat kerja

Bahkan jika kehamilan Anda tidak berisiko tinggi, Anda mungkin ingin mengikuti langkah-langkah ini untuk tetap sehat dan beristirahat selama hari kerja Anda:

  • Beristirahatlah dan relakskan kaki Anda beberapa kali sepanjang hari. Sirkulasi melambat selama kehamilan; mengangkat kaki Anda akan membuat darah mengalir, untuk membantu mengurangi pembengkakan di tumit dan kaki.

  • Cobalah untuk meminimalkan tekanan di tempat kerja. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita yang bekerja dengan banyak tekanan memiliki kemungkinan yang lebih tinggi mengalami kelahiran prematur. Jika Anda memiliki pekerjaan yang sangat menegangkan, sekarang adalah saat yang tepat untuk belajar teknik manajemen stres, seperti yoga atau meditasi.

  • Tidur yang cukup di malam hari. Beberapa wanita mendapati dirinya mudah lelah di siang hari ketika mereka sedang hamil. Untuk membantu mengatasi kantuk di siang hari, tambah waktu tidur malam Anda. Atau, jika Anda dapat menemukan tempat pribadi yang nyaman di tempat kerja untuk berbaring, coba nikmati tidur sebentar. Untuk informasi lebih lanjut tentang mengatasi masalah tidur selama kehamilan, lihat Strategi tidur untuk calon ibu

Pertimbangkan pekerjaan khusus

Beberapa pekerjaan mungkin mendatangkan risiko pada Anda dan bayi Anda, di mana Anda mungkin harus mengatur atau memodifikasi aktivitas Anda. Jika pekerjaan Anda memerlukan aktivitas fisik yang berat, periksakanlah pada dokter. Anda mungkin sangat sehat sehingga Anda mungkin tidak perlu mengubah apa pun. Sebagian dokter akan menyarankan Anda menghindari aktivitas yang memerlukan keseimbangan yang baik; kehamilan mengubah pusat gravitasi Anda dan dapat membuat keseimbangan Anda sulit.

Demikian juga, jika pekerjaan mengharuskan Anda mengangkat barang-barang yang berat, coba cari jalan lain untuk menghindari tekanan pada punggung Anda, terutama selama trimester kedua dan ketiga, ketika perut Anda jadi semakin besar. Jika Anda dapat menghindari pekerjaan mengangkat barang yang berat, maka itu jauh lebih baik.

Anda sebaiknya juga memeriksakan diri pada dokter jika Anda bekerja dengan paparan zat-zat kimia yang menyengat. Masker wajah dan sarung tangan mungkin Anda butuhkan sebagai perlindungan, tetapi ini tergantung pada jenis zat kimianya.

Jika pekerjaan Anda tidak mengakibatkan risiko pada Anda dan bayi Anda, Anda mungkin ingin mempraktikkan strategi yang diusulkan sehingga dapat bekerja sampai tanggal jatuh tempo Anda melahirkan.

Lihat artikel sejenis: