Perubahan mood selama kehamilan

Perubahan mood selama kehamilan

Kehamilan adalah pengalaman yang sangat emosional. Anda mungkin telah menemukan, bahwa penyedia layanan kesehatan, serta teman-teman dan keluarga, kebanyakan berfokus pada aspek fisik kehamilan Anda. Perhatian utama mereka, tentu saja , adalah agar Anda dan bayi Anda sehat. Selain itu, muncul unsur-unsur fisik kehamilan yang lebih nyata dan mudah diamati oleh orang lain. Banyak wanita hamil setuju bahwa emosi dan suasana hati sama menantangnya jika dibanding dengan perubahan gejala fisik.

Apa yang membuat kehamilan begitu emosional? Dan bagaimana Anda bisa mengatasi berbagai perasaan dan suasana hati yang mungkin terjadi?

Penyesuaian pada banyak hal

Banyak wanita mengharapkan kehamilan dan menjadi ibu pada beberapa masa dalam hidupnya. Tapi sekali Anda hamil, baik kehamilan itu direncanakan atau tidak, perasaan Anda mungkin berbeda dari apa yang Anda harapkan. Wanita yang telah mengantisipasi rasa takut mungkin jadi terkejut karena semua berjalan lebih mudah;. mereka yang berpikir dirinya telah siap tiba-tiba mungkin malah jadi merasa kurang yakin

Bahkan, perasaan wanita berubah dengan setiap trimester berlalu, di mana setiap fase membawa masalah emosional tersendiri. Dalam trimester pertama Anda, Anda mungkin berjuang dengan kenyataan bahwa Anda sedang hamil. Selama trimester kedua, Anda mungkin fokus pada gagasan bahwa Anda benar-benar akan memiliki bayi. Pada trimester ketiga, Anda mungkin akan berpikir lebih lanjut dan merenungkan tanggung jawab & mdash; dan kegembiraan & mdash; saat menjadi seorang ibu. Ini membutuhkan banyak penyesuaian emosional!

Mengubah Peran

Sebuah kehamilan juga mengubah dinamika hubungan keluarga Anda. Jika ini adalah bayi pertama Anda, Anda akan mengalami perubahan dari seorang individu atau bagian dari pasangan, dengan menjalanakan kewajiban hanya untuk diri sendiri atau untuk orang dewasa lain, manjadi memiliki tanggung jawab penuh-waktu untuk bayi benar-benar bergantung sepenuhnya.

Jika Anda memiliki bayi kedua (atau ketiga atau keempat), perubahan masih berlangsung dalam keluarga di mana tanggung jawab Anda meningkat. Membawa anak kecil baru dalam keluarga bisa menjadi tekanan suatu saat, bahkan dalam situasi yang paling bahagia sekali pun. Itu sebabnya kehamilan kadang-kadang disebut & quot;. Krisis perkembangan & quot; Meskipun memiliki bayi adalah hal yang normal dan mencerminkan indahnya kehidupan, itu selalu akan terasa luar biasa. Dan perasaan Anda bisa dipengaruhi oleh perubahan hormon yang terjadi dalam tubuh Anda.

Yang Mungkin Anda rasakan

Berikut adalah emosi dan Reaksi yang dirasakan oleh banyak wanita hamil. Harap dicatat bahwa tidak semua hal negatif:

  • sukacita, kebahagiaan, dan kegembiraan
  • ketidakpastian, atau takut
  • lekas marah
  • ketenangan
  • ketergantungan lebih besar pada pasangan Anda atau anggota keluarga lainnya
  • kebanggaan Anda telah mencapai keajaiban
  • cinta untuk bayi Anda, menjadi ikatan erat bahkan sebelum dia lahir
  • reaksi terhadap perubahan bentuk tubuh Anda (Anda mungkin menyukai bentuk tubuh Anda selama kehamilan, atau mungkin juga tidak)
  • perasaan campur aduk
  • kesedihan atas hilangnya cara lama yang pernah dilakukan
  • kecemasan tentang keuangan, pengaturan hidup, anak, kehilangan kebebasan, perubahan dalam hubungan Anda dengan pasangan, persalinan dan kelahiran, apakah Anda akan menjadi ibu yang baik, dan sebagainya
  • ketidaksabaran & mdash; merasa seolah-olah Anda akan hamil selamanya
  • sensitif terhadap komentar atau saran orang lain
  • sering menangis
  • melamun tentang Anda bayi

    Periksa untuk Menjaga Emosi Anda

    Meskipun semua hal di atas normal, Anda dapat melakukan langkah-langkah untuk mengurangi perubahan suasana hati Anda selama masa yang menyenangkan tapi penuh tekanan ini:

    • tetap sehat secara fisik. Makan dengan baik, olahraga, dan banyak istirahat. Jika Anda tidak merasa enak atau sedang lelah, Anda akan merasa gampang cemas atau kesal.
    • Dapatkan informasi. Misalnya, menghadiri kelas prenatal dan persalinan serta membaca buku-buku tentang kehamilan. Mengetahui apa yang diharapkan, mendengar dari para profesional, dan bertemu dengan calon orangtua lainnya dapat membantu mengurangi stres.
    • Bagi pikiran dan perasaan Anda dengan pasangan, teman, atau anggota keluarga Anda.
    • Hindari membuat komitmen tentang rumah dan pekerjaan yang melebihi batasan.

      Periksa dengan dokter sebelum Anda mengonsumsi obat-obatan untuk depresi atau perubahan suasana hati, termasuk obat herbal. Selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat-obatan, baik yang dijual bebas atau harus dengan resep, selama kehamilan.

      Ingatlah untuk merawat diri sendiri, karena Anda adalah prioritas sekarang. Dalam beberapa tahun berikutnya Anda mungkin akan mengingat kembali masa 9 bulan ini dan sangat merindukannya.

Lihat artikel sejenis: