Rencana diet kehamilan: konsumsi karbohidrat

Rencana diet kehamilan: konsumsi karbohidrat

Anda mungkin pernah mendengar informasi tentang karbohidrat. Atlet menggunakan “karbohidrat” untuk mendapatkan energinya yang tinggi, tetapi beberapa sumber mengatakan bahwa karbohidrat mempunyai kalori kosong dan direkomendasikan untuk membatasinya guna mengontrol berat badan. Apa kisah sebenarnya tentang karbohidrat dan apa peran mereka terhadap kehamilan? Jawabannya tergantung dari tipe makanan karbohidrat yang Anda makan.

Pisahkan yang baik dari yang buruk

Tidak semua karbohidrat sama. Karbohidrat sederhana menyediakan banyak kalori dan energi, tetapi tidak dapat memiliki banyak nutrisi. Contoh dari karbohidrat sederhana meliputi roti putih, beras putih atau pasta, sereal halus, kue kering, kue, makanan cepat saji, dan gula.

Karbohidrat kompleks, kebalikannya, mengandung mineral, protein, serat – semuanya merupakan kebutuhan untuk Anda dan bayi Anda. Sayur-sayuran; buah-buahan; roti gandum utuh; sereal, dan pasta; beras merah; kacang-kacangan; dan kentang rebus serta panggang semuanya merupakan karbohidrat kompleks.

Manfaat karbohidrat kompleks

Tidak ada rekomendasi tentang kelonggaran diet (RDA) untuk karbohidrat kompleks dalam kehamilan. Tetapi, beberapa ahli nutrisi percaya bahwa karbohidrat kompleks memenuhi sekitar 60 persen dari total kebutuhan kalori sehari-hari.

Enam puluh persen mungkin terdengar banyak, tetapi perhatikan bonus keuntungan kesehatan saat menjadi ibu: serat dalam karbohidrat kompleks, seperti buah, sayuran, membantu meredakan sembelit yang mungkin Anda alami saat kehamilan. Beberapa wanita menemukan bahwa karbohidrat juga dapat membantu mengurangi rasa mual dalam trimester pertama.

Mendapatkan karbohidrat kompleks yang terbaik

Anda dapat memeras nutrisi paling banyak dari makanan berkarbohidrat dengan mengikuti saran-saran berikut ini:

    • Makan sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar dan beku. Mereka memiliki nutrisi lebih tinggi daripada jenis kalengan. Mencoba mengudap sayuran dan buah-buahan setiap hari sebagai camilan.
    • Ketika memasak sayuran, coba ditumis, menggunakan microwave, atau dikukus sehingga vitamin dan mineralnya tetap ada.
    • Lapisan ini terdiri dari lemak tinggi yang akan mengisi dan meninggalkan sedikit tempat untuk makanan yang lebih nutrisinya.
    • Ganti jadi makanan berbahan gandum sepanjang memungkinkan: roti, pasta, sereal...

Memakan karbohidrat kompleks dibandingkan karbohidrat sederhana akan menjaga level gula darah Anda agar tetap rendah dan memelihara berat badan yang sehat selama kehamilan.

Lihat artikel sejenis: