Rencana makan di masa kehamilan: Protein pada masa hamil

Rencana makan di masa kehamilan: Protein pada masa hamil

Anda dan bayi tidak bisa lepas dari kebutuhan protein. Protein membantu menjaga energi Anda, dan memberikan bayi Anda kebutuhan asam amino untuk pertumbuhan.

Berapa banyak protein yang Anda perlukan agar semua berjalan lancar? Kebutuhan dasar harian (RDA) protein dalam masa kehamilan adalah 60 gram, walaupun beberapa ahli gizi menyarankan sebanyak 100 gram; berapa pun di antara kedua angka tersebut masih sesuai kebutuhan. Untuk memasukkan kata “gram” sebagai gambaran, satu liter susu memiliki protein sebanyak 30 gram.

Jenis protein yang benar

Anda harus memperhatikan tidak hanya jumlah protein namun juga jenis protein yang Anda butuhkan. Ibu hamil perlu makan apa yang disebut protein “berkualitas” – yaitu, protein yang mengandung banyaknya asam amino yang diperlukan. Protein hewani merupakan protein berkualitas, sedangkan protein nabati tidak. Itulah sebabnya para ahli menyarankan ibu hamil mengonsumsi protein hewani setiap hari. Jika Anda seorang vegetarian atau vegan, Anda perlu untuk menyeimbangkan beberapa makanan, seperti biji-bijian dan polong-polongan sebagai contoh, untuk memastikan Anda mendapat cukup asam amino yang dianjurkan.

Makanan yang Mengandung Protein

Daging merah mungkin merupakan sumber terbaik protein, tetapi Anda tidak perlu makan steak setiap hari untuk memenuhi kebutuhan Anda. Banyak makanan lain, seperti ikan, unggas, telur yang semuanya kaya protein. Begitu pula produk susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian

Setiap menu berikut mengandung sekitar 15 gram protein.

  • 2 butir telur besar
  • Satu 2 sampai 3 ons porsi daging, ikan, atau unggas
  • 2 ons keju padat
  • 1/4 cangkir selai kacang
  • 1 cangkir buncis matang, kacang polong, atau kacang-kacangan lain
  • 1/2 cangkir keju lembut atau ricotta
  • 2/3 cangkir almond

Beberapa ibu hamil tidak terbiasa untuk memakan daging dan produk susu dalam jumlah banyak dan bertanya-tanya apakah berat badan mereka akan bertambah secara drastis. Meskipun begitu, jika Anda memakan diet berimbang, termasuk jumlah protein berkualitas yang sesuai, Anda tidak perlu kawatir dengan kenaikan berat badan. Masa kehamilan, secara keseluruhan, adalah waktu untuk menambah berat badan. Makan dengan benar adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga perkembangan bayi Anda dan untuk merasa lebih baik juga.

Lihat artikel sejenis: