Trimester ketiga: ketidaknyamanan kehamilan

Trimester ketiga: ketidaknyamanan kehamilan

Anda ada di masa-masa terakhir sekarang! Perut Anda menjadi semakin besar setiap hari karena si kecil tumbuh di dalam kandungan Anda

Anda semakin dekat daripada sebelumnya untuk melihat anak Anda, tetapi Anda mungkin harus bertahan terhadap rasa sakit yang terus-menerus sebelum Anda melahirkan. Penambahan berat badan dan tekanan membawa rasa ketidaknyamanan tersendiri, termasuk sesak napas dan masalah pencernaan.

penyakit ini kemungkinan besar akan pergi setelah lahir, tetapi ada langkah-langkah yang dapat Anda ambil sekarang untuk membantu membuat bulan-bulan terakhir kehamilan senyaman mungkin.

Sesak napas
Karena rahim semakin besar dan berkembang lebih tinggi di perut Anda, lalu menekan diafragma Anda, pernapasan dapat menjadi lebih sulit. Anda mungkin mendapati diri tidak bisa naik tangga karena kehabisan napas . Hal yang terpenting yang dapat dilakukan adalah santai saja, dan mencoba untuk tidak stres.

Beberapa wanita juga mempunyai masalah pernapasan ketika mereka berbaring. Jika ini adalah masalahnya, coba tidur dengan posisi yang setengah duduk, gunakan bantal untuk mengganjalnya. (Untuk informasi tentang tidur, klik di sini.) Hampir mengalami sesak napas selama trimester terakhir adalah normal, tetapi jika Anda khawatir, bicarakan kepada dokter Anda.

Mulas dan gangguan pencernaan
Kedua penyakit perut ini biasanya menyerang pada trimester ketiga. Ini adalah pertama kalinya beberapa wanita mengalami masalah pencernaan, dan itu adalah kejutan besar bagi mereka. Kenapa sekarang?

Selama kehamilan seluruh sistem pencernaan melambat. Akibatnya, otot dari perut dan esofagus (pembuluh yang mengalir dari mulut ke perut) mengendur. Akibatnya, otot dari perut dan esofagus (pembuluh yang mengalir dari mulut ke perut) mengendur. Ini membuat asam pencernaan, yang normalnya ada di perut, menuju ke belakang, naik sampai ke kerongkongan dan mulut. Asam ini membuat Anda merasa terbakar pada kerongkongan (ini dinamakan heartburn, ini tidak ada pengaruhnya dengan jantung). Anda kemudian memiliki selera makanan yang mengerikan dan adanya asam lambung dalam mulut Anda, dan ini yang membuat gangguan pencernaan.

Untuk mencegah mulas dan gangguan pencernaan, cobalah saran-saran ini:

  • Makan sedikit, tetapi sering, dengan camilan di antara ketika makan besar. Ini akan menjaga asam lambung tetap bekerja pada tempatnya dan tidak naik ke atas.
  • Hindari makanan berlemak.
  • Tetaplah duduk tegak setelah makan (gravitasi membantu!). Dan jangan makan malam sebelum pergi tidur.
  • Mengunyah permen karet untuk membuang rasa pahit dalam mulut.

Jangan gunakan obat-obatan bebas, seperti antacids, tanpa berkonsultasi dengan dokter.

TTrimester ketiga memunculkan beberapa ketidaknyamanan seperti susah bernapas dan gangguan pencernaan yang mungkin tidak Anda harapkan. Dengan melakukan tindakan tersebut untuk mengurangi ketidaknyamanan, Anda dapat menjadikan beberapa bulan terakhir menjadi lebih mudah.

Untuk informasi lebih jauh tentang apa yang terjadi sepanjang trimester ketiga, lihat Anda sudah mendekat: Trimester ketiga.

Lihat artikel sejenis: