Kembar dua atau tiga? Bagaimana perbedaan kehamilan kembar?

Kembar dua atau tiga? Bagaimana perbedaan kehamilan kembar?

Kejutan! Ini kelihatan seperti Anda memenuhi ambisi Anda dari keluarga besar dalam sekali jalan. Kehamilan Anda menjadi spesial, jika tidak sedikit perbedaan dari kehamilan bayi tunggal. Berikut ini keseruannya:

Penglihatan lebih awal: terima kasih kepada USG, kehamilan kembar dapat dilihat saat enam bulan kehamilan. Walaupun ini sulit untuk dibedakan detak jantung satu bayi dari yang lainnya,pelayanan kesehatan Anda akan menghitung jumlah detak jantung setiap menit untuk setiap kehamilan kembar.

Bagaimana perbedaan kehamilan kembar? Baik, sebagai permulaan, Anda otomatis menjadi pasien berisiko tinggi. Anda mungkin merasa baik, tetapi mempunyai bayi kembar atau HOM (higher-order multiple pregnancy, berarti lebih dari dua) mendatangkan risiko khusus. Anda mungkin ditunjuk kepada spesialis maternal fetal medicine (MFM) dilatih tentang kehamilan yang berisiko tinggi. Dibandingkan dengan wanita yang kehamilan tunggal, Anda mungkin akan mempunyai lebih banyak kunjungan masa kehamilan, lebih sering tes darah dan lebih sering USG.

Kembar identik versus kembar Fraternal. Kembar identik terjadi ketika satu telur membelah menjadi dua embrio, menghasilakan bayi yang identik. Biasanya kedua bayi berada di kantung amniotic yang sama, di mana meningkat risiko masalah seperti kekusutan tali pusar. risiko yang lain adalah tranfusi satu sama lain di mana satunya mendapatkan nutrisi yang lebih banyak dan yang lain mendapatkan lebih sedikit. Hal ini mengapa pelayanan kesehatan selalu mengukur setiap janin selama kehamilan kembar.

Kembar Fraternal. Dua atau lebih telur dibuahi secara bersama dan beberapa hasil embrio. Di HOM, mungkin keduanya kembar identik dan fraternal atau tiga dalam satu masa kehamilan. risiko utama dalam kembar fraternal adalah kelahiran prematur.

Kelahiran prematur. Hal ini dianggap sebagai risiko paling penting dari kehamilan kembar. Dengan kembar atau kehamilan HOM, setiap bayi cenderung menjadi lebih kecil karena mereka semua harus berbagi tempat dalam rahim. Dilahirkan seminggu sebelum 40 minggu bukan hal buruk, tetapi dilahirkan sebelum 36 minggu dapat berarti bayi akan mempunyai masalah bernapas dan menyusui.

Persiapan adalah kuncinya. Hal terbaik yang bisa Anda lakukan bagi bayi Anda adalah merawat diri sendiri dan pergi berkunjung ke dokter pada masa kehamilan. Anda berada pada risiko yang lebih tinggi, jadi beristirahatlah sebelum melahirkan!

Lihat artikel sejenis: