expectant-fathers-weight-gain

Calon Ayah: Kenaikan Berat badan

Selama tiga bulan pertama kehamilan istri saya, berat badannya tetap sama. Berat badan saya malah naik 10 pound. Ayah “hamil” yang lain mengeluh tentang rasa mual, mengidam, dan sakit punggung yang seharusnya dirasakan istrinya, bukan mereka.

Gejala Fisik

Para peneliti mengatakan bahwa hingga 60 persen pria mengalami semacam gejala fisik ketika pasangannya sedang hamil. (Dr. Jerrold Lee Shapiro, seorang ahli pada subjek hamil ayah, mengakui bahwa berat badannya bertambah 30 pound selama istrinya dua kali hamil.)

Perubahan ini kemungkinan terjadi karena keinginan pria untuk berpartisipasi – untuk menjadi bagian dari kehamilan, yang akhirnya akan mengubah kehidupannya. Mereka mempersiapkan perannya sebagai ayah.

Mencari Pembimbing

Meskipun ayah di kebudayaan barat diharapkan untuk ikut serta dalam persalinan, mereka hanya menerima sedikit bimbingan tentang keikutsertaan mereka.

Apa yang harus mereka lakukan?

Apa yang seharusnya mereka rasakan selama sembilan bulan?

Peran yang disampaikan oleh ayah mereka sendiri sering tidak memberikan arahan yang jelas. Dan terkadang bercAnda dengan teman dan rekan kerja akan menambah, bukan mengurangi, kegelisahan mereka.

Ketegangan mereka akan memuncak ketika mereka menemani pasangannya selama pemeriksaan kandungan atau aktivitas “khusus perempuan” lainnya .

Calon ayah merasa canggung dan bingung: Di mana saya harus berdiri?

Apa yang harus saya lihat?

Bagaimana saya harus bersikap ketika orang lain menyentuh dan secara intim memeriksa istri saya?

Dapatkah saya mengajukan pertanyaan tanpa terlihat bodoh?

Gejala emosional

Banyak pria juga mengalami perubahan emosional selama kehamilan khususnya perubahan mood dan depresi. Gejala ini mungkin berhubungan dengan kecemasan mereka tentang kehilangan rasa cinta dan perhatian dari pasangan mereka setelah bayinya lahir.

Seperti layaknya calon ibu memperbaiki rumahnya untuk mempersiapkan kedatangan bayinya, pria terkadang menunjukkan perhatian dan tingkah laku yang mudah ditebak selama kehamilan. Salah satu bentuk perhatiannya adalah dengan melindungi keluarganya. Beberapa ayah menunjukkannya secara nyata dengan menambah beberapa gembok atau memperbaiki apa pun yang rusak di seluruh rumah; yang lainnya terfokus pada apakah mereka menghasilkan cukup uang dan mungkin akan bekerja lembur.

Cara Menolong Diri Sendiri

Walaupun calon ayah terkadang merasa tidak tahu apa yang harus mereka lakukan selama masa kehamilan, solusinya bisa sederhana. Berkomunikasi dapat membantu Anda menghadapi kecemasan dan membantu menyelesaikannya. Ada keuntungan lain dari berbicara: Saat Anda sedang lebih terbuka dengan masalah Anda, Anda juga sedang mengira-ngira akan jadi ayah seperti apakah Anda nanti.

Anda bisa mulai dari hal-hal berikut:.

1. Bicarakan dengan pasangan Anda tentang perasaan Anda menjadi calon ayah.

2. Temani pasangan Anda ke pemeriksaan kandungan sebanyak yang Anda bisa. Ingatlah bahwa ini adalah waktu bagi Anda maupun pasangan untuk mengajukan pertanyaan.

3. Ikuti kelas persalinan bersama-sama.

4. Ceritakan ketakutan Anda kepada pasangan dan, jika memungkinkan, kepada pria lain. Hal ini bisa membantu menghindari perasaan terisolasi, yang dapat merusak hubungan Anda.

5. Berbicaralah pada bayi Anda sebelum lahir. Hal ini bukan hanya menyenangkan, namun juga akan membantu si bayi terasa nyata bagi Anda.

tanda Anda Mungkin Kewalahan

Ada saatnya Anda merasa membutuhkan bantuan tambahan, layaknya calon ayah kebanyakan. Salah satu pertanda adalah mengambil semua pekerjaan tambahan. Jika ini terjadi, ini bisa disebabkan karena ada masalah yang belum terselesaikan. Sekali lagi, bicarakan dengan pasangan Anda , teman, atau orang lain

Masalah pokok calon ayah yang membutuhkan bantuan ekstra meliputi:.

  • Sebuah keengganan untuk menerima kehamilan. Apakah Anda sangat prihatin tentang sejumlah perubahan yang akan segera dihadapi? Apakah Anda melihat sebagian besar perubahan itu sebagai hal yang negatif
  • kekhawatiran tertentu bahwa sesuatu masalah akan terjadi -? - dengan anak atau kehamilan . Sebenarnya wajar untuk jadi sedikit khawatir, tapi apakah Anda yakin bahwa akan ada masalah? Apakah Anda tidak nyaman mendiskusikan hal ini dengan dokter kandungan Anda atau dokter keluarga?
  • Berduka atas suatu kehilangan dalam hidup Anda. Ini bisa masa muda Anda, kebebasan Anda, atau apa pun secara keseluruhan. Apa artinya menjadi seorang ayah dibandingkan Anda mengartikan diri Anda sendiri?

Jangan terkejut jika Anda menemukan diri Anda ikut berubah secara emotsional maupun fisik selama masa kehamilan – masa kehamilan memberikan efek ke banyak pria

Misalnya, pengalaman pribadi membuat saya jauh lebih sadar keuangan keluarga.. Tapi saya memang membutuhkan waktu beberapa tahun untuk menurunkan berat badan berlebih ini.

Lihat artikel sejenis: