Melahirkan: Dukungan dan peran “ doulas”

Melahirkan: Dukungan dan peran “ doulas”

Seperti kebanyakan wanita hamil, Anda mungkin berfantasi tentang apa yang menanti Anda selama persalinan dan kelahiran. Meskipun tidak ada persalinan yang sempurna, salah satu cara terbaik untuk membuat pengalaman positif adalah dengan memiliki orang-orang bersama Anda di mana mereka akan memenuhi kebutuhan fisik, emosional dan menyediakan informasi bagi Anda. Orang-orang ini mungkin termasuk pasangan Anda, ibu, atau teman terbaik Anda.

Anda juga bisa menyewa doula untuk bersama Anda dan keluarga. Doula adalah seorang wanita yang dilatih untuk membantu perempuan melahirkan. Dia adalah bagian dari tim yang membantu kelahiran Anda, bersama dengan Anda, pasangan Anda, anggota keluarga lain, dokter atau bidan, dan perawat.

Apa yang dikerjakan doula
Doula yang baik membantu kebutuhan Anda saat persalinan dan kelahiran. Dia mengerti semua aspek fisik dan emosional dari persalinan dan dapat menyediakan informasi yang Anda butuhkan untuk kemajuan persalinan Anda. Dia mengasuh dan menghibur, dan dia fasih dalam teknik yang dapat membantu meringanakan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat persalinan. Misalnya, ia mungkin menyaranakan posisi baru, menawarkan pijatan, atau memandu Anda menggunakan teknik relaksasi khusus seperti pernapasan kehamilan.

Ketahui fakta tentang doula
Sangat penting untuk memahami bahwa doula bukan perawat medis yang terlatih; dia tidak memberikan obat atau membuat keputusan medis. Namun, dia adalah bagian dari tim persalinan dan dapat menawarkan perhatian dan dukungan yang Anda butuhkan selama persalinan dan melahirkan. Dia juga dapat membantu Anda ketika menyusui setelah bayi lahir dan dapat melakukan kunjungan ke rumah setelah Anda meninggalkan rumah sakit untuk melihat bagaimana Anda dan apa yang bayi lakukan.

Menemukan doula yang tepat
Mulailah pencarian Anda di awal trimester ketiga untuk memberikan diri Anda waktu yang cukup. Ketika mencari doula, tanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut untuk membantu menentukan apakah orang tersebut tepat untuk Anda:

Apakah ia pernah mengikuti pelatihan dan berpengalaman dengan kelahiran? (Dia harus disertifikasi melalui organisasi nasional seperti Doulas of North America.)

  • Apa filosofinya saat mendukung ibu dan ayah ketika proses persalinan?
  • Apa hal yang akan dia lakukan untuk Anda ketika masuk proses persalinan?
  • Apakah dia memiliki hubungan kerja yang positif dengan rumah sakit tempat Anda berencana untuk melahirkan?
  • Apakah dia akan siap siaga pada saat tanggal jatuh tempo Anda?
  • Apakah dia punya pengganti jika dia tidak dapat menghadiri kelahiran Anda?
  • Bagaimana biayanya?

    Untuk informasi lebih lanjut tentang doula atau untuk menemukan satu di sekitar Anda, kunjungi situs web Doulas of North America (DONA).

Lihat artikel sejenis: