Pemulihan Setelah Melahirkan | Pampers (ID)

Pemulihan Setelah Melahirkan | Pampers (ID)

Melahirkan adalah proses fisiologis normal, tapi selama beberapa hari dan minggu setelah kelahiran bayi, tubuh Anda memerlukan waktu untuk pemulihan. Bahkan, bisa memakan waktu satu tahun bagi tubuh Anda benar-benar kembali ke masa sebelum hamil. Walaupun ada beberapa pasangan yang memiliki perbedaan dalam pemulihan setelah persalinan normal versus persalinan caesar, proses pemulihan secara umum berlaku pada kedua jenis persalinan. Beberapa faktor dapat mempengaruhi pemulihan ini, termasuk kesehatan Anda pada umumnya, kondisi gizi, dan tingkat kelelahan atau stres.

Kontraksi Uterus dan Involusi
Sesaat setelah bayi dilahirkan, placenta terpisah dengan dinding uterus dan keluar. Tempat di mana plasenta dulu menempel terlihat seperti luka terbuka yang harus disembuhkan. Untungnya, tubuh Anda akan bekerja cepat. Dalam beberapa menit setelah lahir, rahim Anda akan mengkerut dengan cepat untuk menutup pembuluh darah yang terbuka pada dinding rahim di lokasi plasenta. Kontraksi rahim ini kadang-kadang disebut "setelah sakit," mungkin terasa sebagai kram yang kuat untuk beberapa hari, tetapi kemudian akan berkurang. Anda mungkin mengalami sensasi tersebut selama menyusui, karena stimulasi puting mendorong terjadinya kontraksi rahim. Anda dapat mengonsumsi obat analgesik (pereda nyeri) jika kram ini membuat tidak nyaman.

Segera setelah kelahiran Anda bisa merasakan rahim di bagian
pusar . Kontraksi setelah melahirkan akan membuat rahim terasa seperti bola keras di perut
. Setiap hari itu akan berkurang jadi lebih kecil dan lebih kecil sampai tidak bisa lagi
dirasakan melalui dinding perut. Sejalan dengan mengecilnya ukuran, itu bergerak ke dalam
panggul di belakang tulang kemaluan Anda. Ini disebut proses involusi dan menunjukkan bahwa pemulihan sedang terjadi. Saat masih di rumah sakit, perawat secara teratur akan memeriksa rahim Anda untuk memantau proses involusi. Jika rahim tidak berkontraksi sebagaimana mestinya, dia akan memijatnya untuk menstimulasi kontraksi.


Lokia
Butuh waktu selama 10 hari bagi dinding plasenta untuk benar-benar sembuh, dan selama itu Anda akan menyadari keluarnya cairan darah yang disebut lokia. Lokia akan terlihat merah terang selama satu atau dua hari setelah melahirkan, terlihat mirip seperti menstruasi. Cairan itu akan berkurang dan menjadi berwarna kecokelatan, kemudian berwarna merah muda, dan selama 10 hari berwarna keputihan. Ketika sampai pada poin itu, Anda akan tahu bahwa dinding plasenta Anda sudah pulih. Proses ini akan terasa lebih cepat jika Anda menyusui, karena ketika bayi menghisap puting ibunya, itu menstimulasi rahim untuk berkontraksi, dan pemulihan akan cepat selesai. Hingga lokia menghilang, Anda harus menghindari melakukan aktivitas seksual dan harus menjaga kebersihan perineum (area antara anus dan vulva) selama beberapa hari untuk mencegah masuknya bakteri ke dalam vagina.

Pemulihan luka robekan kulit
Apakah kelahiran berlangsung normal atau dengan operasi caesar, ada kemungkinan terdapat sayatan yang membutuhkan penyembuhan. Dengan kelahiran normal, Anda mungkin akan memiliki episiotomi. Sayatan kecil ini dibuat untuk memperbesar lubang vagina sebelum kepala bayi muncul, kemudian dipulihkan dengan jahitan. Seperti luka sayatan apapun, penyembuhan episiotomi butuh waktu beberapa minggu. Tubuh akan menyatu dengan jahitan, tapi robekan ini akan menjadi lembut atau bengkak selama minggu pertama setelah persalinan. Infeksi bisa terjadi, tapi dengan perawatan perineal (lihat di bawah ini), hal ini bisa dihindari.
Jika melahirkan secara caesar, robekan pada perut akan memakan waktu yang lebih lama untuk sembuh. Jika operasi caesar tidak terencana dan terjadwal, tapi terjadi setelah Anda berada di ruang persalinan, pemulihan yang diperlukan sama dengan melahirkan normal. Sebagai tambahan pada komkilogramen kesembuhan sudah dibahas di kelahiran normal (kontraksi rahim dan lokia), prosedur pemulihan luka operasi harus ditangani. Pemulihan ini membutuhkan waktu yang lebih lama, kurang lebih empat sampai enam minggu.
Sayatan bedah caesar cenderung menyakitkan setelah biusnya menghilang. Obat penghilang rasa sakit dapat diberikan sesuai kebutuhan; pada awalnya ini mungkin itu akan menjadi obat analgesik narkotik kuat yang bisa jadi membuat Anda merasa pusing dan mengantuk. Jika bekas jahitan tidak menyatu, benangnya akan diambil setelah lima hari dari persalinan. Beberapa dokter mungkin menggunakan staples logam yang bukan jahitan untuk menutup sayatan; ini juga akan diambil beberapa hari setelah lahir. Jahitan atau staples dapat menyebabkan sensasi seperti kulit ditarik-tarik saat masa pemulihan. Karena kateter untuk kencing harus dimasukkan ke dalam kandung kemih sebelum operasi, setelah operasi dan kateter diambil sangat penting untuk minum banyak cairan dan sering buang air kecil untuk mencegah infeksi kandung kemih.

Pendorong Sirkulasi
Untuk membantu sirkulasi yang baik setelah operasi, Anda akan diminta untuk menggerakkan kaki Anda,
melemaskan kaki Anda, dan menggoyangkan jari-jari kaki Anda segera setelah biusnya menghilang. Anda juga akan diminta untuk duduk di sisi tempat tidur, duduk di kursi, dan kemudian berjalan di hari pertama setelah melahirkan; Anda mungkin akan diminta untuk mengenakan kaus kaki elastis untuk menjaga sirkulasi darah yang baik dan mencegah pembekuan darah. Karena proses penyembuhan lebih kompleks untuk kelahiran dengan proses caesar, Anda akan tinggal di rumah sakit untuk waktu yang lama, mungkin tiga sampai lima hari.


Tips Penyembuhan di Rumah
Berikut adalah beberapa tips untuk membantu proses penyembuhan dan memberi kenyamanan:

  • Bernapaslah secara perlahan dan pijatlah jika rasa sakitnya mengganggu. Jika hal ini tidak membantu, konsumsi obat pereda nyeri yang diresepkan dokter bagi Anda. Ingatlah bahwa rasa sakit ini menunjukkan bahwa involusi dan pemulihan sedang terjadi, dan ini merupakan pertanda bagus.
  • Untuk mencegah infeksi luka episiotomi, gunakan pembalut bersih kurang lebih setiap empat sampai enam jam. Selalu lepas pembalut dari arah depan ke belakang untuk mencegah bakteri terbawa dari anus ke vagina. Bersihkan perineum setelah buang air kecil atau bersihkan dengan air hangat di sekitar area tersebut dan tepuk perlahan dengan kain kasa. Ingatlah untuk selalu membilas dari depan ke belakang. Duduk dalam bak mandi hangat (“sitz bath”) atau gunakan kompres hangat untuk membantu pemulihan luka. Melakukan kontak lantai dengan panggul atau senam Kegel akan melancarkan sirkulasi di sekitar area dan membantu proses pemulihan.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan rumah sakit untuk perawatan luka bedah caesar. Selalu memakai pakaian yang kering dan bersih.
  • Makan makanan yang sehat untuk mendukung proses pemulihan. Pastikan Anda mendapatkan protein, vitamin, dan banyak cairan
  • Jangan melakukan hubungan seksual sampai lokia telah menghilang dan luka episiotomi telah sembuh; Anda mungkin akan merasa tidak ingin melakukannya saat itu karena rasa sakit dan kelelahan. Tapi dengan memberi perhatian lain akan menunjukkan bahwa Anda masih mencintai pasangan Anda, di samping fakta bahwa energi emosional Anda akan tercurah pada bayi saat ini.
  • beristirahat! Ini adalah komkilogramen terpenting untuk proses penyembuhan. Cobalah untuk tetap di tempat tidur atau di sofa untuk minggu pertama setelah melahirkan. Jangan banyak melakukan kegiatan terlalu cepat, meskipun Anda mungkin merasa baik-baik saja. Satu-satunya kegiatan yang Anda lakukan adalah hal yang berhubungan dengan perawatan bayi. Biarkan orang lain mengurus rumah, memasak, mencuci, dan melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya. Rencanakan agar bantuan ini bisa terlaksana.
  • TTidurlah saat bayi Anda tidur. Karena tidur malam Anda akan banyak diganggu, Anda akan membutuhkan pelampiasan dengan tidur saat siang hari. Anda harus menargetkan seberapa banyak waktu tidur Anda selama 24 jam (walaupun terbagi dalam beberapa waktu) seperti sebelum melahirkan. Pasang penerima pesan pada telkilogram Anda dan pasang tanda “Jangan Ganggu!” pada pintu.

Kapan Harus Menghubungi Perawatan Kesehatan Anda
Hubungi perawat jika Anda mengalami tanda-tanda ini, karena hal tersebut bisa menunjukkan
pemulihan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya, atau jika Anda mengalami infeksi:

  • suhu tubuh di atas 100 derajat Fahrenheit yang terjadi selama lebih dari satu hari.
  • Darah warna merah terang atau pendarahan hebat (lokia) setelah empat hari dari melahirkan, atau penggumpalan darah dalam jumlah besar pada lokia.
  • Lokia yang berbau tidak sedap. Lokia yang normal akan memiliki sedikit bau apek, seperti bau darah menstruasi normal.
  • Sakit pada perut bagian bawah setelah beberapa hari setelah melahirkan. < / li>
  • tanda-tanda infeksi (kemerahan, panas, bengkak, keluar cairan mengalir) di bagian episiotomi atau bekas luka bedah caesar.

    Jika Anda mengikuti arahan ini, Anda akan kagum seberapa cepat Anda merasa seperti kembali ke "masa normal" setelah lahir. Karena memiliki bayi adalah proses yang normal, bukan penyakit, tubuh Anda akan sembuh dengan cepat. Dan beberapa hari rasa ketidaknyamanan ketika proses pemulihan akan tergantikan oleh sukacita memiliki bayi baru di dekat Anda!

Lihat artikel sejenis: