Comfort-measures-during-labor

Tingkat kenyamanan selama persalinan

Untuk beberapa wanita yang beruntung, persalinan tidak terlalu menantang. Bagi lainnya, persalinan dapat terasa tidak nyaman dan menyakitkan – tetapi itu tidak perlu terjadi. Ada banyak cara untuk membuat diri Anda lebih nyaman selama persalinan. Anda dapat belajar dan berlatih teknik mengurangi rasa sakit yang dialami sebelum persalinan, dan Anda dapat mencoba lainnya selama persalinan Anda berlangsung. Obat dan prosedur medis juga tersedia jika diperlukan.

Anda mungkin ingin mengukur manfaat dan risiko dari tiap teknik sebelum memutuskan atau mengkombinasikan ukurannya hingga hari H. Berikut beberapa pilihan Anda:

Pengurang rasa sakit non medis

  • Teknik relaksasi. Pengajar cara melahirkan, perawat, dan para wanita yang telah menggunakan teknik tersebut menyarankannya daripada cara lainnya untuk mengurangi tekanan otot dan rasa sakit dalam melahirkan. Relaksasi tubuh yang berkelanjutan – memberi pengurang tekanan “jalan” melewati tubuh Anda – adalah sesuatu yang dapat Anda pelajari dan praktikkan sebelumnya sehingga Anda akan merasa lebih nyaman mempraktikkannya selama persalinan.
  • Pijatan. Minta suami Anda memijat lengan, kaki, atau punggung Anda selama persalinan untuk membantu Anda relaks dan untuk mengurangi tekanan dan rasa sakit.
  • Menggoyangkan badan. Habiskan sebanyak mungkin waktu persalinan Anda sedapat mungkin di kursi goyang, bergerak ke depan dan belakang dengan perlahan sembari Anda menghirup udara dan relaks.
  • Berjalan. Berjalan, atau bahkan hanya membalikkan badan di kasur, mengurangi rasa tidak nyaman sembari membantu kontraksi Anda semakin kuat dan teratur.
  • Mengubah posisi. Jangan mempertahankan posisi yang sama lebih dari satu jam, dan jangan berbaring datar dengan tekanan pada punggung Anda. Sebagai gantinya, coba duduk di atas kasur atau kursi, berbaring miring, berjongkong atau berayun pada bola melahirkan, atau bersandar ke depan pada bagian belakang kursi atau kasur Anda.
  • Hidroterapi. Coba duduk dengan pancuran yang memancar ke punggung Anda, atau berbaring di bak jacuzi. Tidak semua tempat bersalin atau rumah sakit memiliki bak atau pancuran di dalam ruangan, jadi jika Anda ingin menggunakan metode relaksasi ini untuk persalinan, buat perjanjian sebelumnya untuk melahirkan dengan fasilitas yang menawarkan metode ini.
  • Penerapan panas atau dingin. Bantalan berisi air hangat atau es yang ditaruh di punggung Anda dapat mengurangi tekanan otot, memperbaiki sirkulasi, dan menghilangkan rasa sakit.
  • Pernapasan. Pola pernafasan yang spesifik membantu Anda relaks dan memusatkan perhatian Anda pada sesuatu selain rasa sakit selama kontraksi. Tiga teknik (pelan, modifikasi, dan berpola) digunakan selama proses persalinan.
  • Musik. Pastikan Anda memiliki musik favorit, lagu yang menenangkan di handphone, iPod, atau laptop Anda. Jangan lupakan headphone atau earphone Anda.


Banyak cara yang disebutkan di atas diajarkan di kelas Lamaze atau kelas melahirkan.

Obat dan penghilang rasa sakit.

  • Obat penenang. Obat dapat diberikan sebagai cara untuk membantu Anda relaks jika Anda merasakan tekanan, walaupun obat tersebut dapat membuat Anda mengantuk. Obat dapat digunakan sewaktu-waktu selama persalinan. Terkadang, penenang, dengan teknik non medis yang disebutkan di atas, adalah semua yang Anda butuhkan selama Anda melewati kontraksi.
  • Anestesi epidural. Epidural – suntikan medis melalui tulang belakang Anda – menghilangkan hampir seluruh sensasi kontraksi anda. Suntikan tersebut memberikan efek dalam 30 menit. Walaupun epidural menawarkan pelega hampir seluruh rasa sakit kepada kebanyakan wanita, ada beberapa risikonya: jika diberikan terlalu cepat, sebelum Anda berada pada masa persalinan aktif, suntikan epidural dapat memperlambat atau menghentikan persalinan, sehingga membutuhkan intervensi lain untuk tetap menjaga proses persalinan berlangsung.

    Suntikan epidural dapat menyebabkan tekanan darah Anda menurun, dan dapat meningkatkan kemungkinan dokter Anda menggunakan forsep (alat untuk menarik bayi keluar) selama persalinan, karena relaksasi perut yang meningkat dan kemampuan mendorong Anda yang menurun. Kemampuan mendorong yang menurun tersebut dan relaksasi perut dapat berakibat pada kebutuhan operasi cesar jika proses persalinan terhalang.

    Epidural juga dapat meningkatkan suhu tubuh ibu, yang memungkinkan ibu dipisah dari bayinya setelah kelahiran hingga infeksinya hilang. Pastikan untuk mendiskusikan pro dan kontra dengan dokter Anda before sebelum persalinan dimulai.

Sulit untuk mengetahui secara bijak ukuran kenyamanan medis atau penghilang rasa sakit medis mana yang ingin Anda gunakan. Ketika Anda dalam masa persalinan, Anda dapat membuat keputusan selama berlangsung, menurut intesitas dan lama persalinan Anda. Hal yang penting sekarang adalah mengerjakan tugas Anda. Cari tahu semua yang dapat menjadi pilihan Anda, bicarakan dengan dokter Anda dan percaya kepada diri Anda sendiri untuk membuat keputusan yang tepat.



Lihat artikel sejenis: