Tips Melahirkan: Nasihat Kelahiran dan Tips Saat Bayi Lahir

Tips Melahirkan: Nasihat Kelahiran dan Tips Saat Bayi Lahir

Teknik yang Anda pelajari dalam kursus melahirkan untuk mengurangi ketidaknyamanan Anda selama proses persalinan tidak berhenti saat Anda sudah melahirkan; ini juga kemampuan bertahan hidup.

Metode ini dapat membuat Anda merasa relaks saat memberi ASI, tetap tenang saat momen paling melelahkan dalam mengasuh, dan bahkan mengatasi sakit secara emosional dan fisik dalam kehidupan pada umumnya.

Tentu saja, perhatian khusus Anda saat ini adalah membuat proses persalinan Anda lebih mudah ditangani, dan teknik ini akan membantu Anda. Anda akan melihat bahwa strategi sendiri akan mengurangi rasa sakit kontraksi. Atau Anda akan menemukan bahwa Anda diperbolehkan mengurangi dosis obat yang Anda butuhkan atau menunda pembiusan, yang akan menguntungkan bagi Anda dan bayi dalam proses persalinan.

Berkut adalah beberapa teknik yang akan Anda pelajari dalam proses persalinan dan ke depannya:

  • Senam panggul
  • Relaksasi berkelanjutan
  • Imajinasi Visual
  • Teknik Pernapasan lambat

Senam panggul

Manfaat saat melahirkan: Mengurangi ketidaknyamanan dengan menolong bayi bergerak ke posisi anterior, dengan bagian belakang kepala bayi menghadap perut ibu dan wajah menghadap punggung ibu

kemampuan yang dipelajari:. Mengurangi sakit punggung. Hal ini juga memperkuat otot-otot perut dan memperbaiki postur tubuh.

Bagaimana hal itu dilakukan
Meskipun Anda dapat berlatih senam panggul dalam berbagi posisi, cara termudah melakukannya adalah dengan punggung Anda. Pastikan untuk berbaring miring setelah latihan sehingga Anda tidak berbaring telentang terlalu lama. (Tidur telentang membuat tekanan pembuluh darah di panggul Anda meningkat, yang dapat mengakibatkan kekurangan cadangan oksigen dan membuat Anda merasa pusing.)

  1. Berbaring telentang . dengan lutut ditekuk, kaki di lantai
  2. Ayun panggul Anda menjauhi wajah Anda, kencangkan otot perut dan pantat Anda; sebagian kecil punggung Anda harus tetap menyentuh lantai
  3. Ayun panggul Anda menjauhi wajah Anda dan relakskan otot Anda; punggung Anda harus agak melengkung.
  4. Ulangi langkah 2 dan 3 sebanyak sepuluh kali secara perlahan dan dengan gerakan berayun.

Relaksasi berkelanjutan

Manfaat saat melahirkan:. cara “berjalan dengan tubuh Anda” ini membantu Anda tetap merasa relaks selama kontraksi dan meminimalisir rasa sakit saat kontraksi

kemampuan yang dipelajari:. Membuat Anda bisa relaks setiap Anda merasa tegang

Bagaimana hal itu dilakukan

  1. Carilah posisi yang nyaman, baik berbaring atau duduk di kursi yang nyaman.
  2. Tutup mata Anda dan perlahan ambil nafas dalam-dalam, tarik lewat hidung dan hembuskan lewat mulut Anda. (Terkadang ini disebut pernapasan pembersihan.) Saat Anda melakukan ini, bayangkan Anda menghirup udara segar dan menghembuskan tegangan.
  3. Saat Anda bernapas perlahan, tarik dan lepaskan otot utama dalam tubuh Anda, dimulai dari atas. Tarik otot wajah Anda selama 5 detik, lalu lepaskan.
    • Angkat bahu Anda ke arah telinga Anda, tahan selama sekitar lima detik, kemudian lepaskan.
    • Tarik otot-otot di lengan dan tangan, tahan, kemudian lepaskan.
    • Kontraksikan otot perut, tahan, dan lepaskan.
    • Tarik otot kaki Anda, tahan, dan lepaskan.
  4. Akhiri dengan tarikan napas dalam perlahan, tarik melalui hidung dan hembuskan lewat mulut, dan buka mata Anda. Anggota tubuh Anda akan terasa berat namun seluruh tubuh Anda akan merasa relaks.

Imajinasi Visual

Manfaat saat melahirkan: Imajinasi Visual & mdash; buat bayangan dalam pikiran Anda & mdash; membantu Anda merasa tenang saat terjadi kontraksi

kemampuan yang dipelajari: . menciptakan rasa damai kapan saja Anda merasa stres.

Bagaimana hal itu dilakukan
Anda dapat berlatih imajinasi visual setelah berlatih relaksasi berkelanjutan.

  1. Tutup mata Anda dan bayangkan tempat favorit Anda di dunia
  2. Bayangkan Anda sedang berada di sana.; bayangkan Anda bisa mendengar suara Anda, dan "bau" aroma di sekitar Anda.
  3. Nikmati keindahan dan ketenangan dari tempat favorit Anda selama yang Anda inginkan.

Bernapas secara perlahan

Manfaat saat melahirkan:. Membantu Anda bisa santai dan fokus selama kontraksi

kemampuan yang dipelajari:. Dapat digunakan untuk melepaskan ketegangan ketika Anda stres, gugup, atau marah

Bagaimana hal itu dilakukan

  1. Mulai dengan merelakskan badan Anda dan fokus pada sesuatu yang terlihat: Bisa dilakukan dengan mata terbuka dan melihat sesuatu atau seseorang di dekat Anda, atau pejamkan mata Anda dan bayangkan sesuatu yang indah di pikiran Anda.
  2. Tarik napas dalam dan bersih, tarik melalui hidung dan hembuskan lewat mulut.
  3. Lanjutkan bernapas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut Anda, sekitar dua kali lebih lambat dari biasanya.
  4. Sekarang mulai menghitung saat Anda menarik dan menghembuskan napas (“tarik, dua, tiga… Hembus, dua, tiga”), atau perlahan ucapkan kata-kata menenangkan saat Anda menarik napas (“saya…”) dan hembuskan (“merasa… tenang”).
  5. Akhiri dengan bernapas bersih sekali lagi, lalu relaks. Anda dapat bernapas perlahan lebih lama -- selama meditasi, sebagai contoh—sehingga secara singkat bisa melupakan saat stres seperti saat sedang berargumen dengan pasangan Anda

Dengan menggunakan metode ini untuk berlatih Anda akan menemukan bahwa ini akan menjadi kebiasaan seumur hidup yang akan membantu Anda merasa relaks saat memberi ASI, tetap tenang saat sedang dalam momen paling melelahkan saat mengasuh, dan mengatasi rasa sakit secara emosional dan fisik dalam kehidupan pada umumnya.

Lihat artikel sejenis: