Ide Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Ide Liburan Keluarga yang Menyenangkan

Merencanakan liburan keluarga mempunyai tantangan tersendiri. Anak berumur 4 tahun Anda mungkin ingin menghabiskan 3 hari menjelajahi Negeri Santa yang menakjubkan, sementara Anda pusing setelah hanya beberapa jam saja di sana. Anda mungkin saja punya ide untuk menikmati waktu Anda di museum seni; akan tetapi anak Anda hanya bertahan selama sejam sebelum dia kebosanan.

Berikut ini adalah ide untuk liburan keluarga yang dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan bagi kedua generasi:

  • Bagilah Hari. Ingatlah bahwa anak kecil biasanya lebih menyukai hal yang sederhana dan terkenal. Habiskanlah waktu dua jam bermain miniatur golf jika itu adalah sesuatu yang disukai anak Anda walaupun ada tempat yang sama dekat rumah Anda. Bangunlah istana pasir dengan ember plastik dan sekop. Jangan terlalu fokus ke petualangan yang sukar.
  • Jika Anda ingin melakukan perjalanan wisata di liburan keluarga Anda, pastikan perjalanan itu tidak terlalu lama. 2 jam perjalanan di pelabuhan akan lebih menyenangkan bagi anak kecil daripada tur bus sepanjang hari.
  • Bagilah anggaran untuk waktu terpisah. Pesanlah pelayanan pengasuh untuk anak Anda untuk semalam atau dua malam sehingga Anda berdua bisa menikmati waktu sendiri bersama pasangan. Anda tidak harus melakukan sesuatu yang eksotis dan dramatis; kadang kala yang Anda perlukan hanyalah beberapa jam yang tenang.
  • Pastikan jadwal Anda longgar. Anak kecil mempunyai waktu aktif mereka sendiri. Jika anak Anda cerewet pada sore hari, bersiaplah untuk membatalkan rencana Anda agar dia (dan mungkin Anda) bisa istirahat dan tidur siang.
  • Jalan-Jalanlah ketika anak Anda sedang Capek. Hal ini akan berbeda dari anak ke anak. Beberapa anak kecil bisa tidur di dalam mobil atau pesawat pada jam 6 pagi dan tidur sampai jam 9. Sementara anak yang lain bisa langsung bangun. Waktu paling baik untuk menyetir adalah setelah tidur siang – anak Anda, bukan Anda!
  • Cobalah untuk tinggal di satu lokasi untuk liburan Anda. Hal ini bisa mengurangi jumlah adaptasi yang harus dilakukan anak Anda, yang juga mengurangi tingkat stres mereka juga.
  • Pastikan Anda menyediakan waktu yang lebih selama di bandara. Saat ini, melakukan perjalanan lewat udara bisa membuat liburan keluarga sangat berat, terutama kepada anak kecil. Frustasi akibat kesalahpahaman bisa terjadi khususnya dengan anak-anak yang pergi bersama Anda.
  • Jaga emosi dan sikap Anda. Emosi anak kita bisa dicerminkan dari emosi kita sendiri. Jika kita kesal, mereka juga akan kesal. Jika kita berkepala dingin ketika menghadapi masalah, mereka juga bisa jadi akan menghadapi masalah dengan sikap yang sama.

Cobalah untuk mengikui tip-tip ini tanpa harus menekankan terciptanya pengalaman yang sempurna bagi semua anggota keluarga Anda. Hari tertentu bisa saja lebih baik untuk Anda, dan beberapa hari yang lain bisa saja lebih baik bagi anak Anda.

Lihat artikel sejenis: