Immunisasi dan tindakan medis untuk anak: terkait dengan si kecil  yang berkata “aduh, sakit

Immunisasi dan tindakan medis untuk anak: terkait dengan si kecil yang berkata “aduh, sakit"

Setiap anak akan mungkin harus merasa tidak nyaman dengan tindakan medis yang diambil untuknya terkadang; imunisasi, pemeriksaan darah, jahitan, bahkan operasi atau terapi rutin yang di jalani. Ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk menolong anak kita supaya mereka tidak kesakitan atau bahkan meninggalkan trauma dan tetap terngiang hingga dewasa.

Kiat kiat untuk membantu anak balita dan usia prasekolah.

  • Selalu bersamalah dengan anak Anda. Ia mungkin akan berteriak tetapi lama kelamaan ia akan menyesuaikan diri dan menjadi terasa lebih ringan jika Anda selalu bersamanya. Jika Anda benar benar tidak bisa menemaninya, mintalah orang lain untuk menemani anak Anda. Rasa diabaikan akan lebih buruk daripada rasa sakit fisik semata.
  • Jelaskanlah apa yang akan terjadi padanya. “Mereka akan menaruh ikatan kain yang kuat ke lenganmu dan Anda nanti akan merasa seperti sedikit di cubit”. Berbohonglah tentang rasa sakit yang akan mungkin dialami, lama waktu yang dibutuhkan dan apapun dengan perkataan yang tidak menakutkan. Rasa was-was akan membawa Anda ke perasaan cemas. Katakanlah kepada anak Anda apa yang harus ia lakukan : “Anda harus memegang tanganmu terus, jadi mereka bisa cepet selesai memeriksa. Anda boleh teriak dan menangis, tapi tidak boleh bergerak” "
  • Katakanlah secara singkat dan jelas. Penjelasan terlalu panjang dan rasional akan sangat membigungkan untuk anak Anda. Lewati penjelasan untuk pertanyaan “mengapa” kecuali dapat di jelaskan secara singkat: “Suntikan ini akan membuatmu tahan terhadap virus penyakit”. Semuanya Selesai! Beritahulah kepada mereka jika semuanya telah selesai dan apa yang akan selanjutya terjadi. ."
  • “Kita sudah selesai, jadi sekarang kita bisa pergi membeli es krim yang Anda suka.” berilah penghargaan pada anak Anda bahwa ia hebat bisa melewati rasa sakit yang di jalani dan beritahulah bahwaa Anda bangga kepadanya karena bisa melewati itu semua.
  • Ciptakanlah rasa saling percaya. Hindarilah bercerita padanya jika pemeriksaan medis itu menakutkan atau hindari mengatakan bahwa dokter dan perawat akan memberinya suntikan jika mereka nakal. Itu akan merusak citra dokter atau bidan dan membuat anak Anda bertanya mengapa Anda membawanya ke 0rang-orang seperti itu.
  • Berpikirlah dengan akal sehat Anda. Berikanlah perkataan yang positif (“warna apa yang Anda suka buat pembalut luka Anda?”), tetapi jangan berikan mereka pilihan ketika tidak ada pilihan (“mau dijahit”?). Bagi anak, Anda dianggap telah berbohong kepadanya jika Anda tetap membawanya ke tindakan yang mereka pikir mereka akan punya banyak fitur pilihan.


Kiat kiat membantu anak usia prasekolah dan anak usia sekolah.

  • Menjawab pertanyaan. Anak yang lebih tua akan bertindak lebih baik dengan diberikan penjelasan sederhana mengapa mereka harus menjalani serangkaian tindakan medis. Bersiaplah untuk menjawab pertanyaan yang spesifik.
  • Biarkan mereka lebih dulu melihat. Anak mungkin akan tertarik melihat darah dan cuilan-cuilan atau meraka mungkin akan takut terhadap itu semua. Ikutilah kemauan anaka Anda; jangan memaksanya dan jangan melarangnya. Umur anak akan membantu mereka melatih mentalnya. Mengetahui masalah yang dihadapi, meraka akan mempunyai kontrol diri dengan sendirinya.
  • Bacalah informasi mengenai persiapan masuk rumah sakit. Jika seorang anak menghadapi serangkaian tindakan medis utama atau perawatan media yang berkelanjutan, itu dapat membantumu melihat dan mendengar anak lainnya yang telah menghadapi hal yang sama.
  • Berceritalah. Anak senang untuk menceritakan cerita seram tentang apa yang sudah mereka alami. Dengarkanlah, tetapi jangan terlalu menanggapinya berlebihan. Temukanlah bagaimana mereka bisa sembuh dengan mengatasi dan memperhatikan petunjuk yang di berikan, luka yang muncul dan bekas suntikan yang mereka alami.

Ingatlah untuk selalu tenang. Ini akan mengajarkan anak Anda bagaimana cara untuk mengatasi ini semua dan ia akan lebih terbiasa bekerjasama dengan situasi ini.


Lihat artikel sejenis: