Lutut berbarut-barut, bekas luka dan tergores-gores: mengobati cedera ringan

Lutut berbarut-barut, bekas luka dan tergores-gores: mengobati cedera ringan

Tidak masalah seberapa banyak kita mencoba mengawasi anak-anak kita dan memastikan keamanan mereka , adalah tak dapat tidak bahwa anak yang baru belajar berjalan, anak usia prasekolah dan anak usia sekolah akan kena luka, tergores, dan sebagainya drai waktu ke waktu. Adalah vital bahwa orangtua dan perawat anak memahami kapan mencari perawatan medis dan bagaimana merawat sendiri cedera-cedera kecil dan ringan.

Cedera yang memerlukan perawatan medis meliputi sebagai berikut:

  • Cedera yang pendarahan yang tidak berhenti-henti;
  • Cedera yang besar dan dalam;
  • luka yang terbuka dan berkemungkinan terkontaminasi obyek seperti paku.

Mengobati luka
Start Mulailah dengan menekan . Hentikan pendarahan dengan mengoles tekanan kuat dengan kain bersih atau pakaian di area luka selama lima menit.Kalau pendarahan terus saja terjadi bahkan setelah terbungkus kain pembungks, Anda harus mengontak dokter anak.

Bersihkan lukanya. Bila penderahan sudah terkendali Luka mesti dibersihkan. Letakkan area luka di air dingin mengalir selama beberapa menit untuk menghilangkan serpihan-serpihan di luka. Harus dihindari terlalu keras menggosok luka dan penggunaan iodine, alohol at cairan antiseptik lain di luka terbuka karena bisa sangat tidak enak(sakit) bagi anak. Anda bisa mengendalikan sakiitnya dengan acetaminophen atau ibuprofen lewat mulut (minum) seperlunya .Ingat, periksakan kesehatan dengan dokter sebelum memberi obat kepada anak. Aspirin harus selalu tidak diperbolehkan antara lain karena, dapat menimbulkan pendarahan.

Oleskan salep antibiotik. Setelah dibersihkan oleskan salep antibiotik diikuti dengan perban. Ganti perban setiap hari atau kalau terkena tanah atau basah. Sekali area tampak terlihat sembuh dengan baik, perban bisa dilepas dan area itu ditinggal terbuka. Kalau anak Anda terserang demam, anak Anda terkena demam atau tempat luka terlihat memerah, kontak dokter . tanda–tanda ini menunjukkan serangan infeksi yang mengharuskan resep antibiotik.

Unit Gawat Darurat.
Luka yang dalam yang adalah luka atau terpotong di kulit memanjang, memerlukan dirawat oleh tenaga medis profesional. Sangat sering ini dilakukan di bagian unit gawat darurat.

Apa yang diharapkan kalau anak Anda memerlukan perawatan medis?

  • Pembersihan. Bagi pemula, area cedera akan biasanya dianestesi dibius dengan semacam bentuk obat permukaan, atau dengan obat suntik sehingga tidak terasa sakit. Luka kemudian akan dibersihkan dicuci dengan air dingin disemprotkan ke area luka untuk menghilangkan kotoran masuk ke luka.
  • Menutup luka. Dokter kemudian akan memutuskan metode terbaik untuk menutupi luka itu. Yang standar adalah dengan menjahit yang biasanya dibuka sekitar satu atau dua minggu. Metode yang lebih baru yang digunakan untuk luka yang tidak terlalu besar atau dalam di tempat dengan tidak ada tekanan pada kulit , termasuk digunakannya tissu adesif atau plester. Penutup ini dilekatkan ke tepi luka kemudian diberi penutup seperti super glue untuk kulit.

Keuntungan adalah lebih cepat, tidak memerlukan jahitan dan tak ada tanda-tanda tertinggal di kulit. Sayang, tissu adesif tak dapat digunakan untuk semua macam luka.

Mencegah atau membatasi bekas luka
Berikut cara-cara meminimalisasi bekas luka:

  • Jagalah luka tertutup selama awal masa penyembuhan. Ini akan mempercepat tumbuhnya kulit baru.
  • Perlu untuk menjaga anak Anda mengurangi aktivitas selama masa penyembuhan, suruhlah ia mengurangi olahraga agresif, (terutama olahraga dengan kontak) untuk mengurangi risiko kerusakan lebih jauh terhadap luka.
  • Kendalikan rasa sakit dengan acetaminophen dan ibuprofen untuk mengurangi stres dan membantu penyembuhan.
  • Pastikan agar anakAnda menerima nutrisi yang cukup. Banyak vitamin, mineral, serta elemen lain yang penting bagi penyembuhan.

Ingatlah, tetaplah kalem, agar anak Anda juga kalem. Jangan lupa memberikan ciuman dan pelukan sayang selama masa penyembuhan.

Lihat artikel sejenis: