Memilih Pendidikan Prasekolah yang Baik

Memilih Pendidikan Prasekolah yang Baik

Prasekolah secara teknis di artikan sebagai program setengah hari untuk anak usia dua hingga lima tahun, menawarkan aktivitas terstruktur, dan di jalankan oleh guru yang terlatih dalam perkembangan anak usia dini.

Kemerdekaan dan keterampilan sosial
Tujuan dari prasekolah adalah untuk memberikan anak kemerdekaan di luar rumah, untuk mengajarinya memiliki hubungan dengan anak lain, dan mendorongnya untuk berinteraksi dengan orang dewasa di luar keluarganya. Walaupun keterampilan sosial adalah fokus utama, prasekolah yang baik juga menawarkan hal baru untuk dieksplorasi dan kesempatan untuk belajar dalam group. Orangtua sebaiknya melihat anak mereka berkembang dalam kemampuan sosial, kemerdekaan dan kedewasaannya, dan perkembangan ketertarikan mempelajari hal baru dan bereksplorasi.

Cara memilih sekolah yang “baik”
Prasekolah yang baik memberikan kebebasan kepada anak untuk melakukan berbagai macam kegiatan; mereka mendorong rasa ketertarikan dengan menemukan hal baru dan menawarkan pengalaman bersudut pAndang anak. Sekolah yang mendorong hanya “kemampuan akademis” dan bersudut pAndang guru hanya akan mengurangi motivasi belajarnya. Mereka tidak akan sukses karena anak usia prasekolah tidak siap untuk pengajaran formal seperti membaca dan menulis pada masa ini. Prasekolah yang berkualitas baik akan mendorong perkembangan, kepercayaan diri, dan pengauran diri.

Kumpulkan informasi
Anda mungkin membutuhkan beberapa kali kunjungan sebelum Anda merasa yakin dengan penempatan bagi anak Anda dan diri Anda sendiri. Periksalah apakah Anda merasa nyaman dengan filosofi, pendekatan, kebijakan dan para anggota, khususnya kepala sekolah dari sekolah tersebut. Anda juga sebaiknya mengumpulkan beberapa informasi spesifik. Akan sangat baik jika Anda memliki referensi, tapi bukan hanya dari orangtua yang senang: cari informasi dengan mereka yang meningalkan program dan tanyakan alsan mereka.

Berikut hal yang perlu diperhatikan:

  • Kelas ukuran kecil. Anak usia dua dan tiga tahun sebaiknya berada di dalam group yang terdiri tidak lebih dari delapan anak. Anak usia empat tahun bisa berada dalam group terdiri dari 20 anak jika ada asisten guru. Rasio terbaik antara guru dan murid pada usia ini adalah 1:7.
  • Pelatihan khusus. Para guru sebaiknya melakukan pelatihan spesial dalam perkembangan anak usia dini, dan kepala sekolah sebaiknya memiliki gelar sarjana atau magister dalam bidang ini.
  • Stabilitas. Sekolah yang baik mempertahankan guru, tanya berapa guru yang pergi. Bila lebih dari 33 persen guru mengundurkan diri per tahun, berarti sesuatu yang tidak benar, dalam urusan gaji atau etika atau keduanya. Jika seorang guru diganti setiap enam bulan, Anda mungkin ingin mencari tahu mengapa.
  • Keselamatan. Dalam prasekolah yang baik ruang kelas dan ruang bermain tersedia pedoman kesehatan dan keselamatan. Perhatikan anak-anak saat mereka bermain di dalam dan di luar untuk melihat apakah ada ancaman.
  • Struktur. Idealnya para guru akan memiliki rencana mengajar yang akan dilaksanakan dalam kesempatan belajar dan bereksplorasi. Jadwal harian akan dibuat seiring mengevaluasi penempatan dan kemajuan anak.
  • Iklim sosial. Bayangkan apa yang akan dirasakan seorang anak di sana dan bagaimana para guru menolong anak-anak melewati masa berat transisi pada hari pertama. Observasi bagaimana disiplin dilaksanakan. Perhatikan apakah hal itu sesuai dengan pendekatan Anda, atau hal itu terlalu permisif atau terlalu mengekang. Lihat bagaimana argumen dan perkelahian di atasi..

Pertanyaan yang bisa dipikirkan untuk ditanyakan

  • Apakah orangtua diperbolehkan untuk mengantar dan mengobservasi kapan saja? Sudah seharusnya seperti itu.
  • Apakah tempat ini terlisensi? Ini adalah syarat minimum. Kebanyakan prasekolah juga akan memiliki sertifikat dari negara atau asosiasi pemerintah.
  • Apa saja pilihan metode pembayaran yang tersedia? Bisakah Anda mendonasikan waktu untuk memotong biaya? Seperti apa bentuk dendanya? Bisakah Anda mendapat diskon jika Anda membayar lunas?
  • Bagaimana jam programnya? Apakah ada pilihan perpanjangan hari? Jika ya, apa yang terjadi selama waktu itu dan siapa yang mengawasi? Berapa biaya tambahannya?
  • Bagaimana bila Anda terlambat menjemput?
  • Bagaimana dengan toilet training? Bagaimana bila anak mengalami kecelakaan, bagaimana penanganannya?
  • Apa yang diharapkan kepada Anda dalam relawan? Apakah Anda akan diminta untuk kontribusi camilan, persediaan, atau makan siang dalam kebutuhan mendasar?

Jika anak Anda mampu untuk berpartisipasi dan menikmati pengalaman prasekolah, itu karena Anda memberi mereka cinta, dukungan dan kepercayaan diri untuk mengambil langkah berikutnya. Berpisah sejenak merupakan hal yang bagus bagi Anda dan anak dan dapat memperkaya anak Anda.

Lihat artikel sejenis: