Bagaimana bermeditasi: Me Time untuk Ibu

Bagaimana bermeditasi: Me Time untuk Ibu

Di antara kegiatan mengurus bayi dan rumah, sangat susah untuk para ibu mendapat waktu untuk diri sendiri. Luangkan waktu beberapa menit dalam sehari untuk bermeditasi akan bisa menyegarkan dan mengisi kembali pikiran dan semangat untuk berjam-jam.

Diam. Bernapaslah.

Selama ribuan tahun, orang-orang telah menggunakan meditasi sebagai cara untuk menenangkan pikiran dan mendapatkan kedamaian hati dan ketenangan.

Manfaat. Meditasi bisa membantu menurunkan tingkat stres dan dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Meditasi juga dapat membantu Anda tidur dengan lebih baik dan lebih santai ketika merawat anak.

Latihan, Sabar dan Tekun

Meditasi mungkin saja tidak akan mudah pada awalnya – bahkan, bisa saja membuat frustrasi. Mencoba mengosongkan pikiran dan fokus sangat mustahil. Berdasar pengalaman meditator mengatakan bahwa pikiran Anda menolak ketika memulai meditasi dan hal tersebut terasa berat. Kabar baiknya adalah, seperti semua hal, meditasi menjadi semakin mudah bila Anda semakin sering melakukannya. Seandainya Anda sudah mengusai teknik sekali pun, Perlu waktu untuk merasakan hasilnya.

Jadikan Meditasi Menjadi Rutinitas Keluarga.

Mengajarkan anak Anda untuk meditasi dari umur yang masih muda bisa menjadi salah satu pemberian yang berharga yang bisa Anda berikan. Jadikanlah meditasi sebagai permainan. Sebagai contoh, lihatlah siapa yang bisa duduk diam dan tenang paling lama. Cobalah duduk di dekat lilin (dengan jarak yang aman dari apinya) dan cobalah lihat seberapa tenang Anda sehingga apinya pun tidak bergerak.

Memulai.

Berikut ini adalah beberapa pedoman untuk menolong Anda memulai latihan meditasi Anda:

1. Tentukan waktu untuk bermeditasi.

2. Temukan tempat yang tenang di rumah Anda.

3. Kumpulkan beberapa barang (bantal, dupa, dan foto) yang akan Anda hubungkan dengan situasi yang tenang.

4. Carilah posisi yang nyaman. Cobalah posisi duduk dengan kaki menyilang atau berbaring. Kendurkan tulang belakang Anda sehingga Anda bisa bernapas dengan dalam dan mudah.

5. Berpikir positiflah. Ketika pikiran Anda mulai hanyut, secara pelan-pelan fokuskan kembali dan hilangkan pikiran negatif.

Lihat artikel sejenis: