Dokter anak:bekerjasama dengan dokter anak Anda

Dokter anak:bekerjasama dengan dokter anak Anda

Banyak dokter percaya bahwa relasi terbaik adalah relasi kerjasama. Sementara dokter adalah pihak yang ahli mengenai informasi kesehatan, diagnosa, dan pengobatan, orangtua merupakan pihak yang ahli mengenai anak mereka. Keduanya secara bersama-sama menentukan keputusan terbaik. Bagi anak kecil, keputusan itu seringkali diambil/dibuat selama kunjungan rutin dan ketika sakit atau ada permasalahan.

Kunjungan Anak
Dokter punya rencana untuk setiap pemeriksaan yang dibuat berdasarkan kebutuhan rata-rata anak. Rencana tersebut berhasil dengan baik pada sebagian besar keluarga. Kunjungan lebih bernilai jika ibu ikut berperan aktif. Orangtua dapat melakukan pengawasan terhadap perkembangan atau pertumbuhan anak mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan menyangkut kepedulian dan kekhawatiran mereka. Ingatlah selalu bahwa dokter memperhatikan perkembangan yang normal, tetapi hanya sedikit waktu tersedia bagi mereka untuk selalu mengobservasi anak atau bayi Anda. Tanyakanlah kepadanya kalau Anda mengira ada yang perlu diawasi, apakah perlu peringatan atau ada isu menyangkut perkembangan bayi atau anak Anda yang luput dari perhatian dokter

Kunjungan karena anak sakit atau ada masalah
Tugas orangtua yaitu memberikan informasi akurat mengenai bayi atau anak kepada dokter. Tugas seorang dokter adalah memberikan pilihan-pilihan dan menjelaskannya pada keluarga. Tindakan yang perlu dilakukan ditentukan atas kesepakatan bersama antara dokter dan orangtua. Untuk infeksi telinga, misalnya, ada pilihan apakah menggunakan antibiotik atau tidak. Ketika harus melakukannya, seberapa cepat harus mulai melakukan pengobatannya, dan bahkan apa yang harus dilakukan jika hal yang sama terjadi kembali. Itu tergantung kepada tindakan apa yang menunjukkan hasil terbaik bagi bayi dan keluarganya. Kuncinya adalah kerjasama antara orangtua dan dokter.

Kerjasama untuk masa depan
Sewaktu Anda memilih seorang dokter untuk anak atau bayi, hendaklah diperhatikan benar bahwa orang ini akan menjadi partner Anda dalam keputusan itu. Anda tentu menghendaki seseorang yang dapat bekerjasama dengan nyaman dan menghormati Anda sebagai orangtua anak.

Perhatikan betul: beberapa dokter telah terlatih menggunakan pendekatan tradisional, tanyalah secara langsung bagaimana pendapatnya tentang kerjasama dan pembagian keputusan.

Lihat artikel sejenis: