Keamanan bayi di sekitar rumah

Keamanan bayi di sekitar rumah

Keamanan berarti melihat lingkungan sekitar dan pada saat yang sama menyesuaikannya dengan kemampuan bayi Anda.

Menyiapkan jalan dan tempat yang aman bagi bayi Anda untuk dijelajahi adalah cara yang lebih baik daripada mengawasi bayi Anda setiap detik (sebuah tugas yang sulit!), namun beberapa prinsip keamanan yang umum berlaku untuk semua anak.

Jangan pernah tinggalkan bayi Anda sendirian

Bahkan bayi yang baru lahir terkadang dapat terbalik atau berputar, jadi jangan pernah tinggalkan bayi Anda sendirian di bak mandi, di tempat yang tinggi seperti meja tempat berganti pakaian, atau di atas kasur orang dewasa. Jika telepon berbunyi, bawa bayi bersama Anda (atau biarkan mesin penjawab otomatis yang menjawabnya). Jangan pernah tinggalkan bayi sendirian barang semenit.

Jangan pernah mengguncangkan bayi

Awalnya, sering kali kita kesulitan untuk memahami mengapa bayi menangis. Terkadang jengkel itu normal, tetapi sefrustasi apa pun Anda, jangan pernah mengguncang bayi Anda dengan keras. Sindrom bayi yang diguncang dapat memberikan efek dramatis pada bayi Anda.

Kurangi risiko sindrom kematian bayi mendadak, atau kematian bayi mendadak saat tertidur.

Penelitian menunjukkan bahwa meletakkan bayi untuk tidur dengan posisi menghadap ke atas mengurangi risiko sindrom kematian bayi secara mendadak sebanyak 70%. Anda juga harus mengikuti petunjuk berikut:

1. Atur suhu kamar yang nyaman. Bayi memiliki kemampuan yang kurang untuk menyesuaikan suhu dibandingkan orang dewasa, karena bayi hanya dapat berkeringat di sekitar kepala. Jaga kepalanya tetap terbuka dan singkirkan kain dari sekitar kepalanya jika kepalanya basah karena keringat.

2. Periksa area tidurnya. Bayi Anda harus tidur di atas kasur yang empuk. Hindari selimut tebal, selimut kapas, bantal atau wool dan kasur air. Jauhkan bantal atau mainan dari boks bayi Anda. Hindari penggunaan bantalan pengaman boks

3. Berhentilah merokok. Bayi yang terpapar asap rokok berisiko dua kali lipat meninggal karena sindrom kematian bayi secara mendadak. Rumah perokok sangat berisiko terhadap kebakaran dan bahaya yang berhubungan dengan api.

4. Berikan ASI jika Anda ingin atau mampu. Bayi yang diberi ASI memiliki risiko lebih kecil terhadap sindrom kematian bayi secara mendadak.

Pastikan peralatan bayi Anda aman

Pastikan semua peralatan yang Anda beli harus lolos uji coba dari lembaga keamanan produk bagi konsumen. Periksa secara rutin bagian-bagian yang kendur, tepian yang tajam atau kasar, dan cat yang terkelupas.

Mencegah tersedak

Ikuti panduan berikut untuk menghindari bahaya tersedak:

- Hindari beberapa jenis makanan seperti hot dog, anggur, kacang, permen keras atau wortel mentah.

- Selalu dudukkan bayi Anda saat makan, pada pangkuan Anda atau pada kursi bayi. Pastikan balita Anda tidak makan sambil berjalan atau berlari.

- Jauhkan bagian-bagian pada mainan seperti mata, kancing, atau kaitan dan mainan yang dapat pecah yang dapat menimbulkan bahaya tersedak.

- Periksa bagian dalam dan luar pakaian seperti tali atau pita yang longgar atau apa pun yang dapat melilit leher, jari atau kaki bayi Anda.

Tingkatkan keamanan air

Jangan pernah biarkan anak Anda lepas dari pengamatan Anda di sekitar air. Awasi anak Anda dengan melakukan hal-hal berikut:

- Kunci kamar mandi. Anak Anda harus menjauhi kamar mandi kecuali jika Anda dapat mengawasinya.

- Jika Anda memiliki kolam,tutup kolam tersebut. Pasang pagar dengan pintu terkunci dengan tinggi lebih dari empat kaki.

- Hati-hati dengan peralatan air.Pelampung lengan, ban pelampung, dan peralatan lainnya tidak menjamin keamanan anak Anda. Awasi anak Anda secara langsung setiap saat.

Lihat artikel sejenis: