Ruam Popok: Perawatan dan Pengobatan

Ruam Popok: Perawatan dan Pengobatan

Jika Anda menyadari area pantat bayi Anda terlihat sedikit merah dan iritasi, kemungkinan besar itu adalah ruam popok. Pampers hadir untuk membantu Anda ketika tiba waktunya untuk melindungi kulit bayi Anda, mencegah dan merawat ruam popok untuk membantu bayi Anda sembuh sesegera mungkin. .

Apa itu ruam popok ?
Ruam popok adalah bentuk umum kulit yang meradang yang mungkin berupa bercak merah dan benjolan kecil di sekitar area pantat bayi Anda. .

Gejala Ruam Popok
Jika area pantat bayi Anda terlihat iritasi dan merah, kemungkinan itu adalah ruam popok. Kulitnya mungkin terasa sedikit bengkak dan hangat saat Anda sentuh. Ruam popok dapat ringan – beberapa bintik merah di area kecil – atau parah, bintik-bintik merah tersebar di daerah perut dan paha bayi Anda. Sebagai contoh seperti apa penampakan ruam popok, kunjungi website Mayo Clinic pada: http://www.mayoclinic.com/health/medical/IM01928

Jika ruamnya juga ada benjolan kemerah-merahan di sekitar tanda merah di area pantat atau di sekitar mulut, ruamnya mungkin berkembang menjadi jamur ruam popok, yang perlu diobati secara medis dengan obat anti jamur.

Karena bayi Anda tidak dapat memberi tahu dengan kata-kata apa persisnya yang terjadi, dia mungkin mengekspresikannya dengan tangisan dan mudah marah, terutama setiap kali ganti popok, dan mungkin juga hilang nafsu makan.

Perawatan dan Pengobatan Ruam Popok
Untuk merawat ruam popok, sangat penting untuk mengganti popok bayi Anda secara teratur untuk mengurangi kelembaban pada kulit. Berikut beberapa tips untuk membantu merawat pantat bayi Anda:

  • Paparkan kulit pada udara dengan membiarkan bayi Anda menghabiskan sedikit waktu sekali sehari tanpa popok .
  • Setelah buang air besar, bersihkan pantat bayi Anda dengan seksama dan keringkan sebelum memakaikan popok.
  • Oleskan lapisan tipis minyak yang mengandung oksida zinc atau jel petroleum, atau yang disarankan dokter anak Anda, untuk mencegah urin mengenai kulit yang iritasi.
  • Pikirkan apakah Anda baru saja mengganti makanan bayi atau hal lain di sekitar bayi Anda yang dapat menyebabkan ruam.
  • Hubungi dokter anak Anda jika ruamnya tidak kunjung hilang dalam beberapa hari, atau jika benjolan melepuh atau bernanah muncul. .

Mencegah Ruam Popok
Walaupun ruam popok adalah masalah umum, berikut beberapa tips untuk menjaga area pantat bayi Anda bebas dari ruam :

  • Pastikan segera mengganti popok bayi Anda sesegera mungkin setelah popoknya basah atau kotor.
  • Bersihkan pantat bayi Anda dengan seksama setiap buang air besar dan keringkan pantatnya, hati-hati untuk tidak menggosok kulitnya terlalu sering atau dengan keras.
  • Olesi pantat bayi Anda dengan lapisan tipis minyak pelindung atau jel petroleum.
  • Ketika memakaikan popok baru, pastikan terpasang dengan nyaman, tidak terlalu ketat dan longgar, namun memungkinkan adanya sirkulasi udara.
  • Pertimbangkan menggunakan popok sekali pakai, seperti Pampers Swaddlers[AT1]Pampers Swaddler memiliki lapisan tipis losion pada permukaan kain untuk menjaga kulit lembut bayi Anda tetap kering.
  • Jika bayi Anda mengonsumsi antibiotik atau terserang diare, awasi area pantatnya dan ganti popok sesering mungkin.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Ruam Popok, unduh berkas 101 Fakta Ruam Popok di sini:

Apa lagi yang dapat menyebabkan ruam di sekitar area pantat selain ruam popok?
Apa yang mungkin Anda kira ruam popok pada pantat bayi mungkin itu adalah kondisi penyakit kulit ringan lainnya. Untuk alasan tersebut, sangat penting untuk mengenali perbedaan antara ruam popok dan penyakit umum lainnya sehingga Anda dapat merawat masing-masing dengan efektif. Impetigo, dermatitis seboroik, dan biang keringat adalah penyakit kulit umum yang sering disangka ruam popok.

Impetigo
Impetigo adalah infeksi kulit karena bakteri menular yang terlihat di area pantat dan pada wajah dan tangan, dengan bintik-bintik yang berkoreng dan bernanah yang melepuh dan gatal. Karena penyakit ini menular, semua anggota keluarga harus sering mencuci tangan dengan sabun anti bakteri untuk mencegahnya menyebar. Jika Anda melihat jenis penyakit ini, pergi ke dokter, yang akan memberi resep krim antibiotik atau antibiotik oral.

Dermatitis Seboroik
Ini penyakit kulit umum yang dapat menyerang bayi pada tahun pertamanya. Anda akan menemukan bercak merah yang tertutupi sisik putih atau kuning tebal pada area selangkangan, alat kelamin, dan perut bawah bayi Anda; ketika bercak merah tersebut muncul pada kulit kepala, kondisi tersebut sering disebut ketombe. Coba gunakan krim yang mengandung kortikosteroid atau hydrocortiosone pada area yang terserang, dan jaga bayi Anda bersih dan kering. Jika kondisi ini tidak segera hilang, hubungi dokter Anda, dia mungkin memberi resep krim dengan kortison yang lebih kuat. .

Biang keringat
Panas dan kelembaban dapat memicu biang keringat, menyebabkan keringat muncul pada kulit dan tidak dapat menguap. Umumnya berlangsung kurang dari tiga bulan, kondisi ini terlihat seperti jerawat, dengan bintik-bintik merah, dan dapat muncul pada lipatan kulit di area pantat, terutama di mana lapisan plastik popok atau tepi popok menyentuh kulit. Kelembaban adalah penyebab utama biang keringat, jadi pastikan anak tidak berpakaian sangat tertutup dan kulitnya tetap kering. Jika biang keringat menjadi parah, waktunya untuk menghubungi dokter anak Anda. .


Lihat artikel sejenis: